KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafa'uddin, Achmad (2016) KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Komunikasi antar pribadi yang dilakukan secara tidak langsung menampilkan konsep diri baik berupa perilaku maupun cara berkomunikasi. Hidup bersosial di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan menjadikan santrinya berkomunikasi dengan konsep diri yang sesuai dengan nilai kepesantrenan pula. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana konsep diri santri putra Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan dalam komunikasi antar pribadi (2) Apa saja bentuk-bentuk konsep diri santri putra Pondok Pesantren Sunan Drajat dalam komunikasi antar pribadi.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisis menggunakan teori Self-Disclosure yang diaplikasikan dengan Model Johari Window.Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Konsep diri santri dalam komunikasi antar pribadi meliputi: konsep diri muslim ideal, konsep diri ngalap barokah, dan konsep diri toleransi (2) komunikasi santun dilakukan santri ketika berkomunikasi dengan siapapun lingkungannya (3) komunikasi secara langsung dianggap sebagai komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan atau informasi (4) keterbukaan santri santri tidak hanya dengan lingkup pondok pesantren saja, tetapi juga dengan lingkungan luar pondok pesantren (5) hambatan yang paling sering muncul dalam komunikasi santri putra Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan adalah salah paham serta pemahaman dan pemakaian bahasa Jawa sebagai bahasa harian santri bagi santri yang berasal dari luar Jawa.Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam kajian keilmuan komunikasi khususnya dalam pembahasan tentang konsep diri dalam komunikasi antar pribadi. Kompleksitas komunikasi yang dijalani oleh santri Putra Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan menjadikan perlunya keterbukaan antara santri dengan lingkungan sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafa'uddin, Achmadwaffa.uddin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Santri
Keywords: Konsep Diri; Komunikasi Antar Pribadi; Santri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Wafa'uddin Achmad
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:19
Last Modified: 25 Aug 2016 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item