Peranan Pesantren Persis Bangil dalam usaha pembaharuan pemahaman ajaran Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifa'i, Labuhana Diah M. (1986) Peranan Pesantren Persis Bangil dalam usaha pembaharuan pemahaman ajaran Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (913kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah faktor apsajakah yang melatarbelakangi berdirinya pesantren persisi bangil dan apa tujuannya serta apa hubungannya dengan organisasi persis. Perkembangan apa sajakah yang dicapai oleh pesantren persis baik dalam asuhan ahmad hasan maupun dalam asuhan abdul qadir hasan. Aktifitas apa sajakah yang telah dilakukan oleh pesantren dalam rangka usaha pembaharuan pemahaman ajaran islam and sejauhmanakah peranannya dalam hal tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang melatar belakangi berdirinya pesantren persis bangil serta hubungannya dengan organisasi persis dan sekaligus tentang hal-hal yang melatar belakangi terbentuknya organisasi tersebut. Untuk mengetahui perkembangan yang telah dicapai oleh pesantren tersebut dari masa ahmad hasan sampai abdul qadir hasan. Untuk mengetahui usaha-usha yang telah dilakukan oleh pesantren dalam pembaharuan pemahaman ajaran islam. Untuk memaparkan usha dan jasa dari para pendirinya dalam bentuk tulisan sehingga dapat dibaca dan dikenang oleh orang tentang penghidmadannya kepada agama, nusa dan bangsa. Metode yang dipakai dalam pembahasan ini adalah studi kepustakaan yang menghasilkan kesimpulan diantaranya bahwa factor-faktor yang melatar belakangi berdirinya pesantren persis bangil yaitu faktor dari umat islam sendiri berupa adanya bidah, khurafat dan taqlid serta penyalahgunaan ijma dan qias bukan pada tempatnya dan faktor dari luar yaitu adanya faham secular serta emansipasi wanita yang tak mengenal batas. Tujuan didirikannya pesantren persis bangil adalah untuk membina kader pemimpin yang sangggup menghalau umat islam kembali kepada alquran assunnah, dengan cara menyadarkan mereka agar mampu mencerna kandungan dua sumber tersebut dengan cara berfikir yang merdeka dan radikal. Sehingga tersingkirlah hal-hal yang sangat membahayakandi atas dan kemudian sadar bahwa pintu ijtihad tidak pernah tertutup. Dan akhirnya mereka dapat membedakan antara ajaran islam dan yang bukan. Dan hubungan antara pesantren persis bangil dengan organisasi persis adalah hubungan aspiratif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifa'i, Labuhana Diah M.--UNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Pesantren Persis Bangil; Pembaharuan Ajaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 May 2014
Last Modified: 16 Apr 2019 04:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

View Item View Item