PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SANTRI: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AT-TAROQQI SAMPANG MADURA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fachrurrosi, Achmad (2013) PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SANTRI: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AT-TAROQQI SAMPANG MADURA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu model pendidikan pesantren yang dianut secara turun-temurun adalah merupakan non klasikal yakni yang pertama kali dipergunakan dalam pesantren. Dalam model ini tidak ada teknik pengajaran yang dijabarkan dalam bentuk kurikulum dan tak ada jenjang tingkatan pendidikan yang ditentukan. Sedang banyak atau sedikitnya pelajaran yang diperoleh para santri menurut pola pembinaan kyai dan ketentuan para santri. Evaluasi hasil pendidikannya dilakukan oleh santri yang bersangkutan.
Kendatipun demikian, besar kaitannya jika alumni pesantren tidak dapat survive saat kembali memasyarakat dengan berbagai aspek tuntutan hidup yang mulai komplek. Sehingga dibutuhkan taraf pengembangan kecakapan hidup yang memadahi agar para alumni pesantren dapat mumpuni bersejajar dengan dunia yang jauh berbeda tidak seperti semasa berada di dalam pesantren. Terlebih pesantren tradisional yang teramat dogmatis dengan kepemimpinan sentral sosok kyai.
Pendidikan life skill adalah bekal utama memupuk kesadaran bahwa taraf kemampuan seseorang peserta didik tidak pernah dibatasi dan trebatas pada mata pelajaran yang ditempuh. Akantetapi lebih pada proses dialektik bagaimana kesadaran individu agar kelak seyogyanya dapat mengatasi segala problem yang dihadapi dengan tanpa tekanan berkat kecakapan hidup yang telah tertanam Oleh sebab itu dalam skripsi ini ada beberapa permasalahan yang menjadi focus penelitian, yaitu: 1) bagaimana konsep pendidikan pesantren yang dalam hal ini Pondok Prsantren At-Taroqqi merupakan objek penelitian penulis, dikarenakan masih menggunakan sistem pendidikan tradisional. 2) bagaimana kondisi life skill santri-santrinya dan 3) bagaimana Aktualisasi Pendidikan Life Sklill di Pondok Pesantren At-Taroqqi ini.
Untuk itu dalam penulisan skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian diskriptif kualitatif, dengan menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Sedangkan pengumpulan datanya menggunkan library research. Data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan conten analysis yaitu dengan megumpulkan dan menyusun data untuk menarik kesimpulan dari karekteristik pesan yang tergambar dalam data yang dilakukan secara objektif dan sistematis.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pendidikan pesantren dan kecakapan hidup adalah sebuh komponen yang tidak bisa dipisahkan, karena keduanya merupakan nilai kesatuan yang utuh dalam hubungannya dengan kehidupan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap proses belajar mengajar dalam pesantren dengan metodenya yang sedemikian rupa tertanam pula nilai-nilai kecakapan hidup yang terintegrasi didalamnya yaitu konsep yang memberikan kemampuan, kesanggupan dan keterampilan kepada santri sebagai bekal untuk menjalani kehidupannya, dengan melalui kecakapan personal, rasional, social, akademik dan vokasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Mahjuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fachrurrosi, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Pesantren; Pendidikan Kecakapan Hidup; life skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 13 Apr 2015 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item