Motivasi belajar anak tuna grahita di SLB Karya Asih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khabiba, Vica Reri Ayu (2012) Motivasi belajar anak tuna grahita di SLB Karya Asih Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana motivasi belajar anak tuna grahita melakukan kegiatan belajar, dan faktor apa saja yang mendasari subyek melakukan kegiatan belajar. Agar kita juga bisa saling menghargai satu sama lain tanpa membedakan anakanak yang mengalami kebutuhan khusus. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana keseharian subyek saat belajar, dan faktor-faktor apa saja yang mendasari subyek untuk melakukan kegiatan belajar. Pada penelitian ini peneliti memilih menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, alasan menggunakan penelitian kualitatif studi kasus karena peneliti ingin mengenal dan memahami langsung bagaimana keseharian subyek. agar mendapatkan data yang lebih banyak, selain itu peneliti melihat fenomena bahwa anak tuna grahita tidak semuanya memiliki motivasi belajar yang tinggi, dan dalam penelitian ini ada anak tuna grahita yang memiliki motivasi agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Subyek penelitian ini berinisial IPW yang berusia 16 tahun,subyek beralamat di bendul mrisi jaya gang masjid no 10 surabaya. Alasan menggunakan subyek bahwa keseharian subyek ketika belajar sangat aktif dan menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengetahui apa yang telah diajarkan oleh gurunya, adanya peningkatan hasil belajar. Peneliti menggunakan teori Abraham maslow yang menjelaskan bahwa kebutuhan manusia ada lima tingkatan. Yang pertama yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan social, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri. Dari hasil belajar subyek melakukan kegiatan belajar dapat membentuk empat dari lima kebutuhan dasar maslow. Dari hasil penelitian ini bahwa motivasi belajar anak tuna grahita adalah mempunyai motivasi yang timbul dari dalam dirinya serta dorongan motivasi dari luar serta dapat membentuk empat dari kebutuhan dasar maslow.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khabiba, Vica Reri AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Anak Tuna Grahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2006
Last Modified: 25 Jul 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9985

Actions (login required)

View Item View Item