IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM PENGELOLAAN MANAJEMEN RISIKO PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH NON BANK : STUDI PADA BMT-UGT SIDOGIRI CABANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Fikri Haykal (2014) IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM PENGELOLAAN MANAJEMEN RISIKO PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH NON BANK : STUDI PADA BMT-UGT SIDOGIRI CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan berjudul Implementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam Pengelolaan Manajemen Risiko Pada Lembaga Keuangan Syariah Non Bank: Studi Pada BMT-UGT Sidogiri Cabang Surabaya ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang Implementasi good corporate governance dalam Pengelolaan Manajemen Risiko pada BMT-UGT Sidogiri cabang Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana sistem tata kelola dalam lembaga BMT-UGT Sidogiri cabang Surabaya serta menguji sejauh mana penerapan good corporate governance serta manajemen risiko yang diterapkan oleh lembaga keuangan tersebut. Dalam pembahasan ini terdapat rumusan masalah yang akan dibahas yaitu, Bagaimana implementasi dari good corporate governance tersebut dalam mengelola risiko kemudian yang selanjutnya menganalisis hasil temuan tersebut sesuai dengan teori GCG secara umum yang merupakan rumusan masalah yang kedua .
Data penelitian ini terhimpun dari wawancara secara langsung dengan pihak BMT-UGT Sidogiri cabang Surabaya baik langsung kepada pimpinan dan pengurus lembaga terkait yang didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang diangkat penulis. Selanjutnya penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam implementasi tata kelola sistem dalam manajemen BMT-UGT Sidogiri cabang Surabaya sesuai dengan fakta yang ada menyimpulkan bahwa terdapat modifikasi teori yang digunakan dalam menganalisis implementasi Good Corporate Governance dalam pengelolaan manajemen risiko, diantaranya adalah menggunakan tata kelola sistem sesuai dengan prinsip dalam sifat nabi yaitu siddiq, tablig, amanah, fatanah dan ‘adl. Dalam tata kelola tersebut yang menjadi satu kesatuan dalam penerapan sistem kelola yang menjadi standar dalam pengelolaan. Dalam analisisnya secara keseluruhan bahwa sistem yang telah diterapkan oleh BMT sudah cukup baik dan sudah menerapkan GCG dengan baik. meskipun tidak secara tertulis menerapkan GCG namun dari praktek selama ini BMT sudah mengaplikasikan GCG dengan baik sesuai dengan budaya dan prinsip yang diterapkan BMT yaitu meneladani sifat Rasulullah Saw.
Dalam analisis implementasi Good Corporate Governance hendaknya pihak BMT sering mensosialisasikan terhadap profesionalisme tata kelola sistem di dalam kelembagaannya tersebut, supaya tidak terjadi serta mendatangkan risiko yang akan mengancam kinerja BMT. Secara keseluruhan BMT-UGT Sidogiri Cabang Surabaya telah menerapkan GCG dengan baik, maka harus dijaga dan ditingkatkan kembali apa yang perlu ditingkatkan demi tercapainya hasil yang baik dan maksimal. Harus melakukan rutinitas dalam pengawasan, mengkoordinir serta mengevaluasi kualitas sistem tata kelola di dalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Basith Junaidy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Fikri HaykalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keuangan Islam
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance; Manajemen Risiko; Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2015 02:58
Last Modified: 20 Feb 2015 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item