Peran pendidik dalam pendidikan karakter di SMP YIMI Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asnah, Aulia (2012) Peran pendidik dalam pendidikan karakter di SMP YIMI Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover Aulia Asnah_B07207066.pdf

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Setiap hari kita disuguhi berita tentang tindakan amoral anak-anak dan remaja. Silih berganti televisi dan surat kabar memberitakan pemerkosaan yang korban maupun pelakunya siswa sekolah, minuman keras di kalangan remaja dan anak, tawuran antar sekolah, dan lain-lain. Belum lagi kasus video porno yang ternyata 90% pelaku dan pembuatnya adalah remaja. Hal ini menunjukkan Indonesia sedang mengalami dekadensi moral. Salah satu upaya pemerintah dan pelaku pendidikan adalah membenahi kurikulum pendidikan yang selama ini hanya menghasilkan Sumber Daya Manusia yang hanya berprestasi di bidang akademis, namun terkadang rendah di bidang akhlaq. Pendidikan karakter diyakini mampu dijadikan kurikulum yang mampu memperbaiki kecarutmarutan kondisi demikian. Guru yang tidak hanya sebagai pengajar, melainkan pendidik bagi siswa merupakan sosok pengantar masa depan anak bangsa, memiliki peran penting dalam proses pendidikan karakter anak didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidik dalam proses pendidikan karakter anak didik, cara dan proses penanaman pendidikan karakter di SMP YIMI (Yayasan Islam Malik Ibrahim) yang memiliki keunggulan yakni memberikan pendidikan karakter pada siswa.informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data berupa observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kesimpulannya: peran pendidik dan cara penanaman karakter dalam proses pendidikan karakter bermacam-macam. Sayangnya, tidak semua guru yang sadar akan perannya tersebut, dan cenderung membebankan kepada guru tertentu saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asnah, AuliaUNSPECIFIEDB07207066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Peran pendidik; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2006
Last Modified: 13 Jun 2022 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9953

Actions (login required)

View Item View Item