KOREAN POP CULTURE DAN LIFE STYLE : STUDI PADA MAHASISWA IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Kummala, Noor (2012) KOREAN POP CULTURE DAN LIFE STYLE : STUDI PADA MAHASISWA IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana persepsi mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya tentang Korean Pop Culture, (2) Bagaimana Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya Mengartikulasikan Korean Pop Culture sebagai life style, (3) Simbol-simbol
komunikasi apa saja yang digunakan mahasiswa IAIN Sunan Ampel dalam mengartikulasikan Korean Pop Culture sebagai life style.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan
mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif dengan pendekatan etnografi komunikasi yang memusatkan perhatiannya pada pemahaman audiens media yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai Korean Pop Culture dan Life Style, kemudian data tersebut dianalisis
secara kritis, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang Korean Pop Culture dan Life Style (studi pada Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya).
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Mahasiswa IAIN Sunan Ampel memberikan persepsi budaya pop Korea merupakan sebuah tool yang membangkitkan mood ketika ia merasa bosan, sedih, stress, marah dan sendiri ditengah hiburan lokal yang tidak asyik. (2) Dari persepsi tersebut menghasilkan kegemaran mahasiswa IAIN pada budaya pop Korea yang begitu luas, dan dapat dikategorikan sebagai berikut; penggemar yang menyukai drama Korea, film Korea, musik Korea, reality show Korea. Kegemaran tersebut diartikulasikan oleh mahasiswa kedalam berbagai hal di keseharian mereka, diantaranya gaya berpakaian, gaya makan ala Korea, pemilihan produk dll. Namun tiap subjek memiliki tingkatan yang berbeda dalam mengadopsi budaya pop Korea. Dalam pengartikulasian momen-momen produksi yang mereka lakukan masih pada batas sewajarnya untuk seorang muslim dan masyarakat Indonesia. (3) Intensitas menonton tayangan hiburan Korea yang tinggi membuat para pecinta Korean pop
culture menjadi akrab dengan percakapan bahasa Korea(hangeul) dan hafal beberapa kosakatanya serta diterapkan dalam pergaulan sehari-hari diantara sesama penggemar budaya ini.
Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas produk hiburan Indonesia (1) Untuk para produser program televisi, agar mengurangi tayangan
sinetron dengan episode yang terlalu berlebihan. Dengan menampilkan tayangan kreatif yang simpel dengan jalan cerita yang masuk akal, berbobot, ringan, fun dan fresh serta dengan sinematografi yang indah tentunya akan mendatangkan sambutan yang baik juga untuk khalayak luas yang haus akan tontonan berkualitas dan asyik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Yoyon Mudjiono
Uncontrolled Keywords: Budaya Pop; Gaya Hidup; Korean Pop Culture
Subjects: Kebudayaan
Komunikasi Islam > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2012
Last Modified: 15 Apr 2015 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item