ANALISIS FIQH JINAYAH TERHADAP TINDAK PIDANA MEMBAWA LARI SEORANG PEREMPUAN YANG BELUM DEWASA TANPA IZIN ORANG TUANYA : STUDI PUTUSAN NO. 09/ PID. B/ 2012/ PN.MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustakhim, Mustakhim (2014) ANALISIS FIQH JINAYAH TERHADAP TINDAK PIDANA MEMBAWA LARI SEORANG PEREMPUAN YANG BELUM DEWASA TANPA IZIN ORANG TUANYA : STUDI PUTUSAN NO. 09/ PID. B/ 2012/ PN.MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan tentang “Analisis Fiqh Jinayah Terhadap Tindak Pidana Membawa Lari Seorang Perempuan Yang Belum Dewasa Tanpa Izin Orang Tuanya (Studi Putusan No. 09/ Pid. B/ 2012/ PN.Mojokerto.)”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana dasar hukum pertimbangan hakim dalam tindak pidana membawa lari seorang perempuan yang belum dewasa tanpa izin orang tuanya dalam putusan perkara No. 09/ Pid. B/ 2012/ PN.Mojokerto? dan bagaimana analisis fiqh jinayah terhadap tindak pidana membawa lari seorang perempuan yang belum dewasa tanpa izin orang tuanya dalam putusan perkara No. 09/ Pid. B/ 2012/ PN.Mojokerto
Data penelitian ini diperoleh dari Pengadilan Negeri Mojokerto yang menjadi obyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis, yaitu memaparkan atau menjelaskan data-data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode deduktif, dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus, yaitu tentang dasar hukum pertimbangan hakim dalam tindak pidana membawa lari seorang perempuan yang belum dewasa tanpa ijin orang tuanya dalam putusan perkara No. 09/ Pid. B/ 2012/ PN.Mojokerto, kemudian ditarik kepada hal-hal yang bersifat umum kaitannya dengan fiqh jinayah serta ditarik kesimpulan.
Pengakuan keberhasilan menyatakan bahwa dalam putusan hakim menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana membawa lari seorang perempuan yang belum dewasa tanpa izin orang tuanya tetapi dengan persetujuan perempuan itu diluar perkawinan adalah delik aduan dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun 2 (dua) Bulan karena perbuatan terdakwa melanggar Pasal 332 Ayat (1) KUHP Selain terdakwa juga dijatuhi pidana, maka kepadanya harus pula dibebani untuk membayar biaya perkara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 222 (1) KUHAP dimana majelis hakim memberikan alasan terdakwa diberikan hukuman ringan karena beberapa sebab yaitu dijatuhi hukuman 1 tahun 2 bulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hukuman membawa lari seorang
perempuan yang belum dewasa merupakann hukuman jarimah ta’zīr diamana
hukuman ta’zīr merupakan hukuman atas tindaka kriminalitas yang tidak diatur secara pasti dalam hukum had. Hukuman ini berbeda-beda, dan dapat ditentukan
hukumannya oleh ulil amri atau aparat pemerintah yang diberikan wewenang untuk menyelenggarakan hukuman tersebut dimana hukumannya ringan dan beratnya dapat ditentukan oleh hakim Pengadilan Negeri Mojokerto dengan beberapa pertimbangan dan alasan-alasan lainnya sesuai dengan hukum fiqh jinayah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jeje Abd. Rojak
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustakhim, MustakhimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Jinayah
Uncontrolled Keywords: Fiqih Jinayah; Tindak Pidana; Perempuan; Belum Dewasa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2015 02:28
Last Modified: 20 Feb 2015 02:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item