Pengaruh metode Kerja Kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih siswa Kelas IV Minu Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadzifah, Nurun (2012) Pengaruh metode Kerja Kelompok terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih siswa Kelas IV Minu Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (868kB)
[img]
Preview
Text
Sekripsi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fiqih perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mampu bekerja sama. Konsep fiqih kebanyakan berupa konsep yang abstrak sehingga perlu dipilih bahan ajar yang sesuai dengan kompetensi peserta didik terutama bagi peserta didik pada tingkat pendidikan dasar. Pembelajaran fiqih hendaknya dimulai dengan pengenalan (memberi contoh) masalah yang sesuai dengan situasi dan kondisi di sekitar lokasi pembelajaran (contextual problem). Selanjutnya peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep fiqih untuk lebih mengefektifkan pembelajaran, guru diharapkan mampu mencoba model pembelajaran yang mampu memberikan semangat anak didik untuk lebih menyukai mata pelajaran fiqih. Dalam pembuatan soal cerita, guru harus dapat mengaitkan dengan konteks kehidupan di sekitar siswa. Hal ini dapat menambah motivasi siswa dalam belajar fiqih, karena siswa dapat merasakan manfaat langsung penggunaan konsep fiqih untuk pemecahan masalah yang dihadapi. Berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi antara peneliti dengan sejawat terlihat bahwa terdapat permasalahan yang dialami peneliti (guru) dalam fiqih dengan kompetensi dasar mematuhi keputusan bersama. Permasalahannya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan identifikasi tentang beberapa sikap yang harus dipatuhi dalam mewujudkan keputusan bersama, terbukti dari lambatnya siswa mengerjakan soa-soal yang diberikan guru. Pada saat diadakan ulangan hasilnya di bawah rata-rata ,dari siswa-siswa yang mendapat nilai baik. Rendahnya kemampuan siswa ini merupakan masalah yang serius yang harus segera diatasi karena akan membawa dampak buruk terhadap perkembangan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran fiqih. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mengatasi masalah ini dengan cara memperbaiki strategi pembelajaran yang dilakukan guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melaksanakan penelitian metode pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadzifah, Nurun--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Kerja Kelompok; hasil belajar siswa; Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2012
Last Modified: 01 Feb 2019 07:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9857

Actions (login required)

View Item View Item