PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN TEHNIK MENYIMPAN BERBANTU BAHAN MANIPULATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS II MI AL-MASYHUR KOTA PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikha, Nikmatus (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN TEHNIK MENYIMPAN BERBANTU BAHAN MANIPULATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS II MI AL-MASYHUR KOTA PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran di MI Al Masyhur Pasuruan yang masih bersifat abstrak sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam dalam memahami, menerapkan dan menyelesaikan masalah khususnya materi penjumlahan teknik menyimpan disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal atau kurang tepat, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar, aktifitas siswa dan respon siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran hanya bersifat abstrak dan tidak menggunakan alat peraga yang dikaitkan dengan dunia nyata. Pembelajaran seperti ini membuat siswa lebih cepat jenuh dan bersifat meraba raba. Sehingga sulit memahami dan menyelesaikan soal. Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang tidak membosankan dan cepat memahami maka dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) berbantu bahan manipulatif siswa dapat secara aktif mengikuti pembelajaran dan cepat memahami materi penjumlahan untuk membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)pada materi penjumlahan teknik menyimpanberbantu bahan manipulative pada peserta didik kelas II MI Al Masyhur Kota Pasuruan. (2) mengetahui hasi belajar matematika materi penjumlahan teknik menyimpan peserta didik kelas II MI Al Masyhur Kota Pasuruan (3) meningkatkan hasil belajar siswa MI Al Masyhur Kota Pasuruan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi penjumlahan teknik menyimpan berbantu bahan manipulatif .
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al Masyhur Pasuruan. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan dalam setiap akhir siklus diberikan post-tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang diisi oleh observer pada tiap pembelajaran, dan post tes diberikan pada tiap akhir siklus yang telah dikonsultasikan oleh dosen pembimbing.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran matematika materi penjumlahan teknik menyimpan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu bahan manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini tampak dari hasil post tes siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar dengan skor rata-rata 77, menjadi ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan skor rata-rata 87 pada tes siklus II, dan mendapat respon sangat positif/sangat kuat dari siswa dengan rata-rata prosentasenya sebesar 85%. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning berbantu bahan manipulatif dapat dijadikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika pada materi penjumlahan teknik menyimpan pada kelas II Di MI Al Masyhur Kota Pasuruan pada tahun pelajaran 2014/2015

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufiq Subty
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikha, NikmatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; Peserta Didik; Penjumlahan Teknik Menyimpan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2015 02:20
Last Modified: 20 Feb 2015 02:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item