PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKN MATERI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN LALU LINTAS MELALUI MEDIAGAMBARPADA SISWA KELAS V SEMESTER I DI MI MIFTAHUL HUDA GADINGREJO KOTA PASURUAN

Machfudah, Amin (2014) PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKN MATERI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN LALU LINTAS MELALUI MEDIAGAMBARPADA SISWA KELAS V SEMESTER I DI MI MIFTAHUL HUDA GADINGREJO KOTA PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang ditulis oleh Amin Machfudah yang diajukan kepada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sebagai salah satu persyaratan dalam menyelesaikan Program Dual Mode System ini berjudul“Peningkatan pembelajaran PKn Materi tentang peraturan perundang-undangan lalu lintas melalui media gambar pada siswa kelas V semester I di MI Miftahul Huda Gadingrejo Kota Pasuruan”. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Pertama, bagaimana penerapan pembelajaran PKn pada siswa kelas V di MI Miftahul Huda Gadingrejo Kota Pasuruan melalui media kartu bergambar ?. Kedua, apakah ada peningkatan pembelajran PKn pada siswa kelas V di MI Miftahul Huda Gadingrejo melalui media kartu bergambar?. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah pertama untuk menerapkan pembelajaran dengan melalui media kartu bergambar , siswa kelas V MI Miftahul Huda Gadingrejo pada mata pelajaran PKn. Kedua, dengan melalui media kartu bergambar diharapkan siswa dapat belajar dengan mudah dalam memahami materi peraturan perundang-undangan lalu lintas pada mata pelajaran PKn Kelas V semester 1 MI Miftahul Huda gadingrrejo Kota Pasuruan.
Teori yang digunakan sebagai alat analisa pada penelitian ini diantaranya adalah penerapan media gambar pada materi perundangan lalu lintas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Classroom Action Research adalah Action Research yang dilaksanakan guru didalam kelas dalam bermacam aktivitas yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas belajar di dalam kelas. Penelitian ini berpusat pada sekelompok murid dan bertujuan untuk mengantisipasi problem yang dihadapi guru dalam menemukan teknik yang sesuai dalam meningkatkan pembelajaran PKn di MI Miftahul Huda Gadingrejo kota Pasuruan dengan menggunakan teknik tertentu sehingga memberikan dampak yang lebih baik dalam peningkatan pembelajaran PKn.
Hasil dari penelitian ini dalam penerapan Pembelajaran PKn dengan media kartu bergambar guru lebih mudah menjelaskan materi pembelajaran pada siswa. Guru bertindak sebagai pembimbing, sedangkan siswa aktif dengan kegiatan pembelajaran. Hal ini diperjelas setelah melakukan siklus pertama sampai kedua yaitu berdasarkan rata-rata yang dicapai siswa yaitu 12,05 dengan peningkatan prosentase 16% mengalami peningkatan.Artinya ada peningkatan pembelajaran PKn melalui media kartu bergambar siswa kelas V di MI.Miftahul Huda GAadingrejo Kota Pasuruan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutiyono
Uncontrolled Keywords: Peraturan Perundang-Undangan Lalu Lintas; Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendekatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2015 02:07
Last Modified: 20 Feb 2015 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item