Pengaruh faktor-faktor interaksi edukatif terhadap perilaku sosial siswa kelas xi jurusan ilmu sosial di SMA Negeri 1 Porong: tinjauan teori tindakan sosial Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sugiantoro, Sugiantoro (2012) Pengaruh faktor-faktor interaksi edukatif terhadap perilaku sosial siswa kelas xi jurusan ilmu sosial di SMA Negeri 1 Porong: tinjauan teori tindakan sosial Max Weber. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sugiantoro_B05208058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan lingkungan sosial bagi siswa sebagai anggota masyarakat termasuk segala sesuatu yang menyangkut seluruh kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu sosialisasi yang dilakukan siswa di sekolah akan nampak dari partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah. Sosialisasi di sekolah disertai pula dengan adanya hubungan interpersonal yang baik antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan pembimbing dan siswa dengan personil sekolah lainnya. Dalam hubungan interpersonal tersebut, siswa akan mengembangkan pula respon tertentu dalam bentuk perilaku. Sehingga pendidikan di sekolah biasa disebut sebagai bentuk sosialisasi, yang mana hal itu terjadi dalam interaksi antar individu di sekolah. Selain itu, sekolah merupakan tempat yang berperan dalam membentuk perkembangan dan perubahan kelakuan seseorang serta mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik. Untuk membuktikan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunanakan metode penelitian kuantitatif, metode ini dipilih untuk mengetahui adanya pengaruh faktor-faktor interaksi edukatif terhadap perilaku sosial peserta didik. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Porong yang berjumlah 57 orang. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari uji anova atau uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 84,724 nilai signifikansi 0,000 0,05 yang berarti bahwa faktor-faktor interaksi edukatif secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku sosial peserta didik SMA Negeri 1 Porong. Hasil analisis pada variabel tujuan diperoleh nilai thitung paling tinggi yaitu sebesar 7,553 dan nilai signifikansinya yaitu sebesar 0,000 yang paling signifikan dari pada variabel-variabel yang lain. Sehingga variabel tujuan dinyatakan sebagai variabel yang memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap variabel perilaku sosial

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sugiantoro, SugiantoroUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif; Perilaku Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2012
Last Modified: 04 Apr 2019 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9799

Actions (login required)

View Item View Item