PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL (LATIHAN) PADA SISWA KELAS I MI. DARUL ULUM BLANDONGAN PASURUAN

Masithah, Roikhatul (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL (LATIHAN) PADA SISWA KELAS I MI. DARUL ULUM BLANDONGAN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cukup sulit dan tidak menarik bagi banyak siswa di sekolah. Salah satunya materi yang berhubungan dengan membaca, dalam hal ini membaca permulaan. Hal ini berdampak buruk bagi prestasi/ hasil belajar siswa MI. Darul Ulum Blandongan kecamata Bugul merupakan salah satu sekolah tingkat dasar yang berada di Kota Pasuruan. Selama ini proses pembelajaran membaca yang berlangsung di MI masih menggunakan metode yang sederhana, yaitu seorang guru hanya memberikan tugas membaca pada siswa secara klasikal atau membaca bersama. Siswa tidak diberi pendampingan membaca satu persatu, Kemudian siswa langsung diberi tugas membaca satu persatu sebagai tes akhir. Rata- rata selama lima tahun terakhir nilai Bahasa Indonesia saat ujian akhir hanya mencapai 5,90. Metode drill (latihan) merupaka salah satu metode yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi- materi yang berhubungan dengan membaca dengan bantuan alat peraga.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apaka melalui implementasi metode drill (latihan) dapat meningkatkan kemampian membaca siswa kelas I MI. Darul Ulum Blandongan kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan.
Lokasi penelitian ini adalah MI. Darul Ulum Blandongan Kota Pasuruan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 9 siswa yaitu siswa yang kurang mampu dalam hal membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan implememntasi tindakan, pengamatan dan refleksi dengan kriteria keberhasilan jika sorang siswa telah mampu membaca mencapai diatas 60%.
Pada siklus I hasil kemampuan membaca siswa masih memcapai 66%. Karena indikator keberhasilan masih belum tercapai, mqka perlu dilanjutkan dalam siklus II, dan hasilnya adalah 89%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui implementasi metode drill (latihan) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI. Darul Ulum Blandongan Pasuruan. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar seorang guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, siswa diajak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunaka metode drill.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Achmad Zaini
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Kemampuan Membaca; Metode Drill (Latihan)
Subjects: Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2015 07:33
Last Modified: 18 Feb 2015 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item