Hubungan antara konsep diri terhadap motivasi belajar remaja panti asuhan Sabilul Ulum al-Hidayah Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Yaumil (2012) Hubungan antara konsep diri terhadap motivasi belajar remaja panti asuhan Sabilul Ulum al-Hidayah Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yaumil Aliyah_B07208141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak menjadi dewasa,seorang yang telah memasuki masa remaja akan mengalami berbagai perubahan dalam diri, sikap dan tingkah laku. Remaja membutuhkan pengesahan dari orang lain, kawan-kawan, para guru, dan orang tua. Bila seorang remaja gagal menjalankan tugas membentuk identitasnya, maka ia akan bingung dengan nilai-nilai dan kemampuan-kemapuan ketrampilannya. Remaja adalah masa yang penting dalam prestasi (Hendersen & Dweck; dalam Santrock, 2005:176). Tekanan sosial dan akademik mendorong remaja kepada berbagai peran yang harus dibawakan. Peran yang sering kali menuntut tanggung jawab yang lebih besar. Remaja mulai menyadari bahwa pada saat ini mereka dituntut untuk menghadapi kehidupan sebenarnya. Rumusan masalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi beajar remaja panti asuhan Sabilul Ulum AL-Hidayah, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri terhadap motivasi belajar remaja panti asuhan Sabilul Ulum Al-Hidayah.Analisis data menggunakan korelasi product moment dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan analisis yang dilakukan dinyatakan bahwa konsep diri dan motivasi belajar signifikan. Uji validitas dan reliabilitas didapatkan bahwa konsep diri memiliki nilai koefisien sebesar 0,9309 dan variabel motivasi belajar 0,8927 sudah dikatakan valid dan reliabel karena berada diatas 0,5 dan dinyatakan adanya hubungan yang erat antar variabel konsep diri dengan variabel motivasi belajar. Dan hasil uji korelasi diperoleh besarnya korelasi sebesar 0,564 dengan signifikansi 0,003 Karena signifikansi 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. uji linearitas pada konsep diri terhadap motivasi belajar di peroleh signifikansi sebesar 0.003 0.005 maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang linier antara konsep diri terhadap motivasi belajar.Pada penelitian ini, hipotesis yang diajukan oleh peneliti dapat diterima dengan nilai 0.564 atau 56.4%. karena penelitian ini memiliki prosentase lebih dari 50% jadi dapat dikatakan bahwa data dalam penelitian ini valid dan reliabel dalam mengukur sebuah atribut psikologis.Artinya ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, YaumilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2012
Last Modified: 05 Apr 2019 08:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9773

Actions (login required)

View Item View Item