PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiyansyah, Eka Candra Arista (2012) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan keterampilan sosial anak prasekolah serta mengenalkan budaya permainan tradisional pada anak-anak yang kini mulai ditinggalkan. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan keteranpilan sosial anak prasekolah.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas B Taman Kanak-kanak Nurul Iman Waru-Sidoarjo yang usianya 4-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan subyek berjumlah 10 anak yang dipilih berdasarkan hasil nominasi (pretest) dari peneliti, guru, dan orang tua yang dikategorikan keterampilannya rendah dibandingkan teman-temannya yang lain.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk nominasi dari peneliti, guru, dan orang tua yang didalamnya mengandung aspek-aspek keterampilan sosial anak meliputi: (1) inisiatif untuk beraktivitas bersama teman sebaya; (2) bergabung dalam permainan teman sebaya(3) memelihara peran selama kegiatan ; bermain berjalan; dan (4) mengatasi konflik interpersonal pada saat bermain berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional mempengaruhi peningkatan keterampilan sosial anak prasekolah hal tersebut berdasarkan hasil analisis menggunakan uji peringkat bertada wilcoxon (Wilcoxon signed ranks test) diperoleh nilai Zhitung dari nominasi dan guru sebesar -2,812, berarti Zhitung lebih besar dari pada Ztabel (-2812 1,96), sedangkan menurut nominasi orang tua diperoleh Zhitung sebesar -2, 689, berarti Zhitung lebih besar dari pada Ztabel (-2,689 1,96). Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional mempengaruhi peningkatan keterampilan sosial anak prasekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Muhid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiyansyah, Eka Candra AristaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Uncontrolled Keywords: Prasekolah; Permainan Tradisional; Keterampilan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2012
Last Modified: 08 Apr 2015 08:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item