Implementasi Metode Muwahhadah dalam Meningkatkan Kemampuan Menerjemah Al-Qur'an: studi kasus di smp al-hikmah surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, M. Mahrus (2012) Implementasi Metode Muwahhadah dalam Meningkatkan Kemampuan Menerjemah Al-Qur'an: studi kasus di smp al-hikmah surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Mahrus Ali_D01208150.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara terpenting untuk mendidik dan membina anak adalah dengan memberinya pendidikan al-Qur’an sejak masa kanak-kanak, karena pada masa ini merupakan masa pembentukan watak yang ideal. Mengingat demikian pentingnya peran al-Qur’an dalam membimbing dan mengarahkan kehidupan manusia, maka belajar membaca, memahami dan menghayati al-Qur’an untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari merupakan kewajiban bagi setiap insan muslim. Namun sayangnya, fenomena yang terjadi saat ini tidaklah demikian. Masih banyak kaum muslim baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua belum dapat membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik. Keadaan demikian inilah yang menimbulkan keprihatinan khususnya bagi umat Islam di Indonesia.Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada tiga rumusan masalah, yaitu: (1). Bagaimana implementasi metode muwahhadah dalam meningkatkan kemampuan menerjemah al-Qur'an siswa di SMP Al-Hikmah Surabaya?, (2). Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan implementasi metode muwahhadah dalam meningkatkan kemampuan menerjemah al-Qur’an siswa SMP Al-Hikmah Surabaya? dan (3). Bagaimana upaya yang dilakukan oleh para guru SMP Al-Hikmah Surabaya dalam mengatasi kendala implementasi metode muwahhadah tersebut?. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang ditemukan di lapangan sedemikian rupa sehingga menggambarkan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode muwahhadah yang diterapkan di SMP Al-Hikmah ini sangat bagus dan cocok untuk membantu siswa mempermudah dalam menghafal, menerjemah dan memahami ayat al-Qur'an, khususnya yang ingin mendalami arti sekaligus maknanya. Para siswa setelah dilakukan evaluasi mengenai penerapan metode ini ternyata siswa mampu menerjemah dengan baik dan benar. Metode muwahhadah ini juga dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain yang mengembangkan pembelajaran al-Qur'an sebagai upaya untuk mencetak generasi yang Qur’ani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, M. MahrusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Muwahhadah, Terjemah al Qur'an; Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2012
Last Modified: 14 May 2019 06:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9672

Actions (login required)

View Item View Item