Implementasi Kurikulum SMA Berbasis Asrama (Program Islamic Boarding School) di SMA Al Multazam Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elisa, Dinda Nur (2012) Implementasi Kurikulum SMA Berbasis Asrama (Program Islamic Boarding School) di SMA Al Multazam Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Nur Elisa_D01208143.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimanakah konsep kurikulum SMA berbasis asrama (Program Islamic Boarding School), 2) Bagaimanakah implementasi kurikulum SMA berbasis asrama (Program Islamic Boarding School) di SMA Al-Multazam Mojokerto, 3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh SMA Al-Multazam Mojokerto dalam melaksanakan program SMA berbasis asrama (Program Islamic Boarding School).Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara.Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Kurikulum, Kepala TU , Guru, Kepala Asrama dan Siswa SMA Al-Multazam Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara mendalam dan wawancara, selanjutnya dianalisis melalui tiga fase, yakni, reduksi data, penyajian data dan terakhir verifikasi. Hasil analisis deskriptif dapat terungkap bahwa: 1) Konsep sekolah berbasis asrama merupakan pengembangan kelanjutan dari konsep sekolah model, bertujuan mengumpulkan kekuatan atau kelebihan sekolah yang berdekatan atau dalam satu komplek pendidikan yang terpadu, yaitu pendidikan kelas, pendidikan asrama dan pendidikan lingkungan, 2) Desain kurikulum pembelajaran Program Boarding School SMA Al-Multazam Mojokerto, menggunakan kurikulum terpadu (integrated curriculum) meliputi; a) pembelajaran pagi, b) pembelajaran sore/tutorial, c) pembinaan di asrama. 3) Program Boarding School memberikan jam pembelajaran sore (tutorial) yang merupakan pelajaran tambahan berupa review pelajaran, khusus pelajaran eksakta dan pelajaran yang masuk di Ujian Nasional, seperti Matematika, IPA, Fisika, dan beberapa pelajaran tertentu yang sudah dijadwalkan dari sekolah. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa di bidang keilmuan dan bahasa agar nantinya mampu bersaing di Perguruan Tinggi Negeri (PTN),sedangkan pada malam hari adanya pembinaan di asrama yaitu pembelajaran dengan kitab-kitab kuning. 4) dalam melaksanakan program tersebut sekolah dituntut memiliki sarana prasarana pembelajaran dan asrama yang lengkap sebagai penunjang, guru yang profesional dan berkompeten dalam bidangnya, serta lingkungan yang mendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elisa, Dinda NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Sistem asrama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2012
Last Modified: 14 May 2019 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9670

Actions (login required)

View Item View Item