STUDI INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH DAN KURIKULUM PESANTREN MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN TANWIRUL ISLAM TANGGUMONG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Mohdor (2012) STUDI INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH DAN KURIKULUM PESANTREN MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN TANWIRUL ISLAM TANGGUMONG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yang terkait dengan adanya integrasi kurikulum pesantren dan madrasah. Hasil penelitian tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: Pertama, pada dasarnya, kurikulum yang diterapkan di Madrasah Aliyah Tanggumung Sampang menggabungkan dua kurikulum, yakni kurikulum nasional (KTSP) dan kurikulum lokal (rumusan Pondok Pesantren). Dan bentuk integrasi kurikulum tersebut yang menonjol ditemukan pada: (1) pada mata pelajaran yang disampaikan dimana antara dua kurikulum (nasional dan lokal) tersebut bersifat saling mendukung dan menguatkan; dan (2) pada metode pembelajarannya, yakni menggabungkan tiga model atau metode, yaitu: ceramah, demonstrasi dan dialog. Dan kedua, hasil daripada penerapan integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren yang diterapkan di Madrasah Aliyah Tanwirul Islam Tanggumong cukup baik dan menunjang terhadap realisasi tujuan pendidikan nasional maupun tujuan pendidikan Pondok Pesantren serta memberikan pengetahuan plus bagi para siswa khususnya siswa kalong.
Dari hasil penelitian yang dipaparkan di atas maka saran kepada semua civitas akademika Tanwirul Islam untuk terus bersama-sama melakukan pembenahan demi terwujudnya pendidikan yang holistic-integral, duniawi-ukhrawi secara bersama-sama dan utuh tanpa mengesampingkan salah satu disiplin keilmuan tertentu. Dan mencoba mencari desaign formulasi baru untuk memaksimalkan perpaduan kurikulum tersebut agar menjadi sebuah terobosan yang tentu sangat maksimal hasilnnya mampu mencetak generasi bangsa yang profesional, cerdas emosional dan spritual serta teknologi sehingga pendidikan indoensia lebih maju dalam bingkai rahmatallilalamin

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, MohdorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Matematika
Uncontrolled Keywords: Integrasi Kurikulum; Pesantren; Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2012
Last Modified: 07 Apr 2015 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9658

Actions (login required)

View Item View Item