Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV-B SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya dalam materi karya kerajinan motif hias nusantara mata pelajaran SBK dengan metode demonstrasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurlaili, Nurlaili (2012) Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV-B SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya dalam materi karya kerajinan motif hias nusantara mata pelajaran SBK dengan metode demonstrasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurlaili_D07208054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada materi karya kerajinan motif hias Nusantara di kelas IV-B SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya, siswa beranggapan bahwa pada materi tersebut sangat rumit dan sulit sekali. Padahal guru telah menjelaskan tentang proses pembuatan karya kerajinan tersebut kepada siswa, tetapi siswa masih belum dapat memahami dengan baik penjelasan yang diberikan oleh guru. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rata-rata masih di bawah KKM. Hasil observasi sebelum dilaksanakannya PTK didapatkan rata-rata hasil belajar siswa pada materi tersebut sebesar 68,23 yang tergolong masih di bawah KKM yang telah ditetapkan yakni 75. Dari 22 siswa, 9 siswa telah mencapai nilai KKM dan 13 siswa masih belum mencapai nilai KKM tersebut. Dengan demikian, ketuntasan belajar secara klasikal pada materi karya kerajinan motif hias Nusantara di kelas tersebut hanya berkisar 40,90%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan metode demonstrasi.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi karya kerajinan motif hias Nusantara siswa kelas IV-B SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya? 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam materi karya kerajinan motif hias Nusantara siswa kelas IV-B SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya dengan metode demonstrasi?
Penelitian ini menggunakan mix methods, dimana peneliti menggabungkan dua metode yakni metode kualitatif dan kuantitatif. Sehingga diharapkan akan memperoleh hasil penelitian yang benar-benar utuh dan lengkap. Kemudian peneliti menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, dimana penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari empat komponen pokok, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam materi karya kerajinan motif hias Nusantara siswa kelas IV-B SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya dengan menggunakan metode demonstrasi. 2) Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 79,34 dengan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 77,72% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 85,44 dengan prosentase ketuntasan hasil belajar sebesar 90,90% yang dikategorikan “tuntas”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurlaili, NurlailiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kerajinan Motif Hias; Hasil Belajar Siswa; Metode Demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 25 Mar 2019 08:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9657

Actions (login required)

View Item View Item