PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IVB SDN KLAPAYAN 2 SEPULU BANGKALAN

Ulva, Maria (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IVB SDN KLAPAYAN 2 SEPULU BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan masih belum bisa mencapai hasil belajar yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya kurangnya dalam usaha meningkatkan pengajaran menulis, guru perlu berusaha untuk mencari model yang tepat dalam menyampaikan pengajaran kepada siswa. Salah satunya ialah dengan banyak memberikan bantuan dan dorongan. Tanpa dorongan Guru, pencapaian tujuan pengajaran menulis kurang berhasil. Wujud nyata keberhasilan pengajaran menulis ialah siswa dapat menghasilkan tulisan yang baik, tidak hanya tau teorinya saja. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakannya media gambar melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV B SDN Klapyan 2 Sepulu Bangkalan. Permasalahannya yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media Gambar pada Kemampuan Menulis Siswa SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan media gambar kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan media Gambar pada Kemampuan menulis siswa kelas IV SDN Klapayan 2 Bangkalan (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan Media Gambar Kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu Bamgkaln.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksankan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun pengumpulan data adalah observasi,tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara diskritif kualitatif dan kuantitatif.
Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa melalui media gambar siswa mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penarapan media gambar pada materi menulis petunjuk melakukan sesuatu berjalan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada tiap siklus. Dilihat dari observasi aktivitas guru yang meningkat dari siklus I 72,22% (cukup) menjadi 86,11%. Dan observasi siswa yang meningkat dari siklus I 71,4 % menjadi 87,5 %. Dapat dilihat juga dari hasil tes produk dari siklus I yang memiliki rata-rata 73,33 menjadi 78,25 pada siklus II. Dan juga dari hasil belajar siswa siklus I yang memiliki rata-rata72,6 menjadi 77,4 pada siklus II hal ini menunjukan peningkatan kemampuan menulis pada materi menulis petunjuk melakukan sesuatu pada tiap siklusnya. Yang dikategorikan baik karena telah mencapai indicator yang di tetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis; Media; Bahasa Indonesia; Kelas IV SD
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 14 Apr 2015 01:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9655

Actions (login required)

View Item View Item