KURIKULUM PEMBELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER : UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rijal, Akh. Syaiful (2011) KURIKULUM PEMBELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER : UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Karakter kebangsaan di awal masa pembentukan negara RI masih sangat mendominasi kehidupan masyarakat. Akan tetapi seirama dengan perjalanan waktu, masyarakat mengalami krisis berbangsa, akibat berbagai kepentingan, ambisi, kekuasaan dan keserakahan. Muncullah pertikaian antar-umat beragama, separatisme, pencurian uang negara, mafia kasus, dan lain-lain. Pembelajaran fiqih, sebagai salah satu mata pelajaran agama, sangat relevan sekali untuk menjawab tantangan kemerosotan karakter tersebut karena pada dasarnya pelajaran fiqih merupakan suatu ilmu yang mempelajari bermacam-macam syariat atau hukum Islam dan berbagai macam aturan hidup manusia yang sarat moral, baik yang bersifat individu maupun dalam kehidupan sosial masyarakat. Namun, mata pelajaran yang erat kaitannya dengan karakter ini yang seharusnya membawa anak ke pengenalan nilai secara kognitif, penghayatan nilai secara afektif, akhirnya ke pengamalan nilai, dan peningkatan olah spritual yang berkembang dalam diri siswa secara utuh (holistik), dalam kenyataannya masih dipertanyakan peranannya.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana konsep pendidikan holistik berbasis karakter? (2) Bagaimana analisis kurikulum fiqih pada Madrasah Tsanawiyah dalam perspektif pendidikan holistik berbasis karakter? (3) Bagaimana analisis pengembangan model kurikulum pembelajaran fiqih Madrasah Tsanawiyah dalam perspektif pendidikan holistik berbasis karakter sebagai upaya pembangunan karakter bangsa (national character building)?
Jenis penelitian dalam tulisan ini termasuk kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitis-kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumenter, dan metode yang dapat dipakai dalam menganalisis data akan menggunakan metode deskriptif dan conten analisis.
Temuan penelitan yang diperoleh bahwa pendidikan holistik berbasis karakter merupakan sebuah model pendidikan yang menerapkan teori-teori sosial, emosi, kognitif, fisik, moral, dan spiritual. Model ini bisa membentuk manusia secara utuh (holistik) yang berkarakter, yaitu pengembangan aspek fisik, emosi, sosial, kreativitas, spiritual dan intelektual siswa secara optimal. Selain itu untuk membentuk manusia yang life long learners (pembelajar sejati). Kurikulum fiqih MTs secara nasional berupa standar kompetensi lulusan (SKL) dan standar isi (berupa standar kompetensi dan kompetensi dasar) masih sepi dari aspek afeksi, dilihat dari kata kerja operasional yang digunakan sebagai acuan dalam pencapaian target minimal. Model kurikulum holistik berbasis karakter dalam pembelajaran fiqih disusun berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), diterapkan dengan menggunakan pendekatan yang semuanya dapat menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan, serta dapat mengembangkan seluruh aspek dimensi manusia secara holistik. Langkah-langkahnya dilaksanakan secara sistematis, dimulai dari pengenalan nilai secara kognitif, langkah memahami dan menghayati nilai secara afektif, dan langkah pembentukan tekad secara konatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rijal, Akh. SyaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Fiqih; Pendidikan Holistik; Pendidikan Karakter; Pembangunan Karakter Bangsa;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2012
Last Modified: 09 Apr 2015 09:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9622

Actions (login required)

View Item View Item