MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM PAKONG MODUNG BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunus, M. Amin (2011) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM PAKONG MODUNG BANGKALAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Langkah-langkah apa saja yang ditempuh dalam proses pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Darussalam Pakong Modung Bangkalan? 2. Apa model pengembangan kurikulum yang dipakai dalam rangka pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Darussalam Pakong Modung Bangkalan?
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Darussalam Pakong Modung Bangkalan. 2. Untuk mengkaji secara mendalam tentang model pengembangan kurikulum yang dipakai dalam rangka pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Darussalam Pakong Modung Bangkalan.
Beberapa metode yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data sebagai sarana sumber penelitian tesis ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tanya jawab (interview).
Melalui kajian studi kasus ini dapat diketahui langkah-langkah yang dilakukan oleh lembaga ini dalam pengembangan kurikulum PAI di MA Darussalam seperti: menentukan komponen pengembangan kurikulumPAI, membentuk tim perumus, kemudian menyusun dan merumuskannya, selanjutnya merevisi, menetapkan, dan melegalisasi hasil rumusan tim, serta diakhiri drngan mengajukan rekomendasi hasil rumusan tim tersebut pada atasan yang berwenang.
Berdasarkan langkah-langkah yang dilakukan oleh tim penyusun/pengembang kurikulum Madrasah Aliyah Darussalam Pakong Modung Bangkalan di atas, maka model pengembangan kurikulum PAI yang digunakan adalah model administratif (Line Staff Model) dan model dari bawah (Grass Roots Model).
Dari hasil temuan yang diperoleh peneliti di lapangan ada beberapa hal yang perlu direkomendasikan kepada tim pengembang kurikulum MA Darussalam di antarnya adalah: 1. Kompetensi dan kepribadian guru PAI harus dan terus ditingkatkan serta perangkat mengajar harus terprogram. 2. Dalam merumuskan dan mengembangkan program pendidikannya jagan sampai melampaui batas. 3. Demi kesempurnaan kurikulum harus dilakukan evaluasi secara terus menerus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunus, M. AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2012
Last Modified: 10 Apr 2015 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item View Item