EFEKTIFITAS METODE HAFALAN DAN TABEL UNTUK MATERI WARIS PADA SISWA KELAS XI MAN LAMONGAN

Mahmudah, Nur Endah (2011) EFEKTIFITAS METODE HAFALAN DAN TABEL UNTUK MATERI WARIS PADA SISWA KELAS XI MAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Metode hafalan adalah metode paling tua dalam penyebaran agama Islam di mana pada awal abad Hijriyah para sahabat dan tabiin wajib menghafal nas-nas Al Quran dan Hadis Nabi. Metode ini menjadi perhatian utama bagi ulama-ulama fiqh dan berkembang menjadi Metode hafalan dan tabel pada pembelajaran hukum waris dan pembagiannya. Berdasarkan dari latar belakang ini, dalam penelitian ini, masalah penelitian yang diajukan adalah: (1) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik dengan metode hafalan dalam pembelajaran waris? (2) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik dengan metode hafalan dan tabel dalam pembelajaran waris? (3) Bagaimana efektivitas metode hafalan dalam pembelajaran waris di kelas XI MAN Lamongan? (4) Bagaimana efektifitas metode hafalan-dan-tabel dalam pembelajaran waris di kelas XI MAN Lamongan? Dan (5) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari waris setelah diajar dengan menggunakan metode hafalan-dan-tabel dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode hafalan?
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Untuk mengumpulkan data, peneliti akan menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengetahui efektifitas pemahaman siswa setelah diajar dengan metode hafalan dan metode hafalan-dan-tabel. Setelah mengetahui efektifitas kedua metode tersebut, peneliti akan menghitung perbedaan efektifitas kedua metode tersebut dengan teknik statistika inferensial yang berupa uji-t (t-Tes). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAN Lamongan yang jumlahnya 10 kelas dari hasil random diperoleh kelas IPA 1 sebagai kelas kontrol dan IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA3 sebagai kelas uji-coba.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah (1) Hasil pembelajaran peserta didik dengan metode hafalan dalam pembelajaran waris diperoleh nilai rata-rata pre test 27,8 dan pos test 68,10 (2) Metode hafalan dalam pembelajaran waris diperoleh nilai pre test 28,65 dan pos test 85,35 (3) Metode hafalan kurang efektif digunakan dalam pembelajaran waris, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pre test dan pos test, dari uji t diperoleh thit sebesar -3,82 dan -ttab -2,70 ini berarti thit-ttab dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. (4) Metode hafalan-dan-tabel efektif digunakan dalam pembelajaran waris, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pre tes dan pos tes, dari uji t diperoleh thit sebesar 3,82 dan ttab 2,70 berarti thit ttab dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. (5) Pada taraf signifikan 5% siswa yang diajar dengan metode hafalan-dan-tabel lebih baik secara signifikan jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode hafalan saja. Ini dibuktikan dari tabel 4.6 didapat harga thit sebesar 3,82 sedangkan ttab = 2,021 dengan dk = 40 dan taraf signifikan 5%. Ini berarti thit ttab (t hitung lebih besar daripada t tabel). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti dengan adanya bukti uji t baik dua pihak atau satu pihak, hasilnya telah menunjukkan bahwa metode hafalan-dan-tabel yang disajikan dalam pembelajaran mampu membantu siswa untuk memahami pelajaran lebih baik. Oleh karena itu penerapan metode hafalan-dan-tabel lebih efektif dibandingkan dengan metode hafalan saja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Hafalan dan Tabel
Subjects: Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2012
Last Modified: 07 Apr 2015 08:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9602

Actions (login required)

View Item View Item