ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNTUK MENJADI NASABAH BANK MINI SYARIAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmat, M. Said (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNTUK MENJADI NASABAH BANK MINI SYARIAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian deskriptif tentang analisis faktor-faktor mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum untuk menjadi nasabah di Bank Mini Syariah (BMS) yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan: faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum untuk menjadi nasabah Bank Mini Syariah dan bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum dalam menjadi nasabah?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 248 nasabah BMS yang merupakan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum dengan penentuan sampel menggunakan teknik Snowball sampling dengan menggunakan teori Slovin. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa motivasi yang dimiliki nasabah BMS dalam menggunakan produk-produk BMS tersebut, yaitu: pembagian keuntungan yang dimaksudkan sebagai rasa terima kasih BMS telah diberikan ijin untuk mengelola uang nasabah, kemudahan transaksi dalam melakukan pembiayaan, Penerapan prinsip syariah dalam akad-akad yang digunakan BMS yang merupakan prioritas utama dalam menarik perhatian nasabahnya terutama nasabah dari Fakultas Syariah dan Hukum, lokasi BMS memudahkan mahasiswa menjangkaunya, Saldo awal kecil, Membantu pembayaran SPP bagi mahasiswa yang membutuhkan dengan menggunakan akad qard al-hasan.
Dengan melihat realitas bahwa perilaku nasabah BMS ditimbulkan akibat perilaku konsumen. Sedangkan perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh kebudayaan, subbudaya, kelas sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Nasabah BMS sebagai konsumen produk-produk BMS juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di atas. Diantara faktor-faktor tersebut adalah: a. Kelas Sosial. b. Faktor Pribadi. Jika faktor pemasaran yang dilakukan BMS lebih melebar, tidak hanya terbatas sampai memiliki tempat operasi dengan adanya pemasaran yang jelas dalam kesehariannya, maka akan lebih menunjang keberhasilan operasional Bank Mini Syariah (BMS).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Buchori
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmat, M. SaidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Nasabah; Bank Mini Syariah; Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2015 03:49
Last Modified: 18 Feb 2015 03:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item