PENGARUH MEDIA GAMBAR BERBASIS ILMU TEKNOLOGI (IT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V DI SDN BABATAN V SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningsih, Irma (2016) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERBASIS ILMU TEKNOLOGI (IT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V DI SDN BABATAN V SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Dengan perkembangan pada saat ini, seorang pendidik harus bisa mempergunakan alat teknologi sebagai media pembelajaran yang efektif, sehingga dengan berkembangnya teknologi pendidikan tersebut menjadikan proses pendidikan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Khususnya pada usia anak-anak, pendidikan dengan media modern,sebut saja media elektronik seperti televisi, vcd, ldc, viewer,tentunya akan lebih menarik perhatian dari pada hanya di dapat dari guru saja. Sebagai upaya pengembangan dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif dan variatif, maka dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran. Adapun yang diterapkan di SDN Babatan V Surabaya, sejauh ini proses pembelajaran PAI baru dilaksanakan sebatas menggunakan metode ceramah. Maka perlu diadakan media baru yaitu media gambar berbasis ilmu teknologi agar peserta didik lebih memahami pelajaran dalam suasana yang lebih menyenangkan. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana penggunaan media gambar berbasis ilmu teknologi dalam mata pelajaran PAI, Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, Bagaimana pengaruh media gambar berbasis ilmu teknologi terhadap prestasi berkebutuhan siswa berkebutuhan khusus pada mata pelajaran pai kelas V di SDN Babatan V surabaya. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganalisis data tentang penggunaan media gambar berbasis ilmu teknologi terhadap prestasi belajar siswa menggunakan rumus prosentase dan rata-rata nilai angket, sedangkan analisis terhadap pengaruh media gambar berbasis ilmu teknologi terhadap prestasi berkebutuhan siswa berkebutuhan khusus menggunakan rumus product moment dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penggunaan media gambar berbasis ilmu teknologi sudah cukup baik dalam penerapannya, dan bisa meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN Babatan V Surabaya. Hal ini terbukti dengan frekuensi jawaban A terbanyak pada media gambar berbasis ilmu teknologi adalah 93 dan prestasi belajar siswa adalah 112, ini menunjukkan kalau keduanya dalam kategori cukup baik. Dapat diperoleh bahwa Pengaruh Media Gambar Berbasis Ilmu Teknologi Terhadap Prestasi Berkebutuhan Siswa adalah cukup, karena terdapat nilai dari hasil product moment adalah 0,490 dan dari regresi linier sederhana adalah 5,044.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningsih, Irmairmacute028@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Prestasi belajar; media; pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyuningsih Irma
Date Deposited: 19 Aug 2016 07:17
Last Modified: 19 Aug 2016 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item