AURAT LAKI-LAKI DALAM PERPSPEKTIF HADIS: STUDI MUKHTALIF AL-HADITH DALAM KITAB SUNAN AL-TIRMIDZI NOMOR INDEKS 2804 DAN MUSNAD AHMAD BIN HAMBAL NOMOR INDEKS 11998

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musolli, Musolli (2014) AURAT LAKI-LAKI DALAM PERPSPEKTIF HADIS: STUDI MUKHTALIF AL-HADITH DALAM KITAB SUNAN AL-TIRMIDZI NOMOR INDEKS 2804 DAN MUSNAD AHMAD BIN HAMBAL NOMOR INDEKS 11998. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah berangkat dari kegelisahan penulisan melihat fenomena di masyarakat. Penulis sering melihat dan menyaksikan praktek masyarakat (laki-laki) dalam membuka aurat ditempat-tempat terbuka dan terlihat oleh orang banyak. Ini terbukti saat mereka mandi di kali dan atau sungai yang berada tidak jauh dari rumah mereka. Dari kejadian tersebut penulis tergerak untuk mencari jawaban dari kegelisahan tersebut.
Setelah melakukan pencarian, akhirnya ditemukan hadis yang berkaitan dengan aurat laki-laki, akan tetapi hadis tersebut setelah di bandingkan tampak saling bertentangan dan ulama pun dalam memahami kedua hadis ini beragam. Untuk itu masalah yang akan diteliti ini berkaitan: 1) Bagaimana derajat hadis dalam Kitab Sunan al-Tirmidhi Nomor Indeks 2804?, 2)Bagaimana derajat hadis dalam Musnad Ahmad bin Hambal Nomor Indeks 11998? Dan 3) Bagaimana penyelesaian hadis yang tampak bertentangan satu sama lain?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat hadis dalam Kitab Sunan al-Tirmidhi Nomor Indeks 2804 dan Musnad Ahmad bin Hambal Nomor Indeks 11998 serta menjelaskan penyelesaian hadis yang tampak bertentangan satu sama lain.
Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), dalam menjawab penelitian tersebut di lakukan dengan pengumpulan data yang diperoleh dari kitab hadis Sembilan yang standar terutama Kitab Sunan al-Tirmidhi dan Musnad Ahmad bin Hambal. Kemudian dilakukan ananlisa dengan melakukan takhrij terhadap hadis yang diteliti, melakukan kritik sanad maupun matan terhadap hadis yang diteliti dan untuk penyelesaian hadis yang tampak saling bertentangan dengan menggunakan metode mukhtalif al-Hadith.
Penelitian ini juga ingin menunjukkan bahwa apabila ada dua hadis yang tampak saling bertentangan maka itu tidaklah terjadi secara hakiki, karena tidak mungkin hadis yang sumbernya satu yakni dari Nabi SAW saling bertentangan. Oleh karena itu dilakukan penelitian terhadap hadis yang tampak bertentangan baik terhadap hadis yang menyatakan paha adalah aurat maupun terhadap hadis yang menggambarkan praktek Nabi dalam membuka paha.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hadis yang menyatakan paha sebagian dari aurat merupakan hadis yang dijadikan ketetapan shari’at sedangkan hadis kedua menerangkan kebolehan terbukanya paha pada waktu dan tempat tertentu atau khusus, karena pelarangan tersebut adalah makruh tanzih. Dengan kata lain penyelesaian hadis yang tampak bertentangan tersebut menggunakan al-jam’u wa al-taufiq (pengkompromian antar dua hadis yang tampak bertentangan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zainuddin MZ.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musolli, MusolliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Aurat; Paha; Mukhtalif al-Hadith; Aurat laki- laki; Kitab Sunan al-Tirmidhi; Musnad Ahmad bin Hambal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2015 03:10
Last Modified: 18 Feb 2015 03:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item