Threatment siswa minder melalui pendekatan Rational Emotive Therapy: studi kasus siswa di SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Nur (2011) Threatment siswa minder melalui pendekatan Rational Emotive Therapy: studi kasus siswa di SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-4.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil judul threatment siswa minder melalui pendekatan Rational Emotive Therapy. Latar Belakang penelitian ini adalah banyaknya keadaan siswa yang mengalami keminderan, dan sangat terbatasnya pendidik yang mengetahui cara mengatasi dan menyembuhkan keadaan siswa yang menghambat perkembangan ini. Menterapi siswa minder tidak semudah yang dibayangkan, memerlukan banyak waktu, rencana yang sistematis, dukungan dari semua pihak dan metode yang jitu dan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan. Salah satu metode terapi yang sampai saat ini masih digunakan dan berkembang adalah dengan pendekatan Rational Emotif Therapy. Cara kerja pendekatan Rational Emotif Therapy adalah dengan mengubah pikiran yang irrasional menjadi rasional, menentang fikiran yang irrasional. Karena pada umumnya anak minder bersumber dari pola pikir yang irrasional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana kondisi siswa minder di SMP Siman Jaya? (2) bagaimana pelaksanaan pendekatan Rational Emotive Therapy di SMP Siman Jaya? (3) bagaimana penerapan pendekatan rational emotive therapy dalam mengatasi siswa minder di SMP Siman Jaya? L ntuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (deskriptif kualitatif), adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keadaan siswa di SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan banyak yang mengalami keminderan. Hal ini banyak disebabkan karena riktor pribadi dan faktor lingkungan. Akan tetapi keminderan tersebut dapat diatasi dengan terapi rasional emotif yang dipadukan dengan konseling individu dan o rise ling kelompok. Dengan pelaksanaan pendekatan Rational Emotive Therapy di MP Siman Jaya yang konsisten dan penuh keikhlasan serta kesabaran, SMP Siman berhasil mengatasi anak didiknya yang minder, yang ditandai dengan perubahan zakat keberanian anak didik pasca terapi Rational Emotive Therapy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Uncontrolled Keywords: Threatment; Emotive Therapy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2011
Last Modified: 26 Jun 2018 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item View Item