DIRASAHA TAJRIBIYAH 'AN FA'ALIYAH AL NADZARIYAH AL BANAYUYAH 'ALA FIKRAH GESTALT FI TA'LIM AL TARJAMAH MIN AL ARABIYAH ILA AL INDUNISIYAH FI AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH NAZHATUT TULAB AL TSAMIN SAMPANG MADURA

Azizah, Nur (2011) DIRASAHA TAJRIBIYAH 'AN FA'ALIYAH AL NADZARIYAH AL BANAYUYAH 'ALA FIKRAH GESTALT FI TA'LIM AL TARJAMAH MIN AL ARABIYAH ILA AL INDUNISIYAH FI AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH NAZHATUT TULAB AL TSAMIN SAMPANG MADURA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Menerjemah teks dari satu bahasa ke bahasa lain merupakan kegiatan yang sangat urgen sekali lebih-lebih pada dekade terakhir ini. Oleh karena itu, sangat diperlukan metode yang tepat dalam pelaksanaanya agar tidak terjadi kekeliruan di dalam memindahkan teks.
Berdasarkan hal tersebut diatas, panulis mengadakan penelitian sebagai uji coba dengan judul tersebut di atas. Adapun yang penulis kaji di dalam penelitian ini ialah : 1).Bagaimana eksperimen teori struktural perspektif Gestalt dalam pengajaran menterjemah Arab-Indo di Kelas 2 MAK Nazhatut Thullab Sampang Madura?, 2).Bagaimana perkembangan kemampuan siswa dalam menterjemah Arab-Indo sebelum dan sesudah dieksperimenkannya teori struktural di Kelas 2 MAK Nazhatut Thullab Sampang Madura? dan 3). Bagaimana efektifitas teori struktural perspektif Gestalt dalam menterjemah Arab-Indo di Kelas 2 MAK Nazhatut Thullab Sampang Madura?
Penulisan penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kwantitatif, dan merupakan jenis penelitian eksperimen (uji coba). Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan metode angket, interview, observasi, dokumentasi, preetest dan posstest. Sedangkan dalam menganalisa data yang telah diperoleh, penulis menggunakan uji t.
Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa : Studi eksperimen teori strutural persepektif Gestalt dalam menerjemah Arab-Indo tergolong baik karena teori tersebut menuntut siswa lebih konsentrasi dalam memahami teks secara strutural. Perkembangan kemampuan siswa setelah dieksprimenkan teori struktural cukup berkembang, hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menterjemah teks yang diberikan oleh guru dan dari hasil pre-tes dan post-tes yang menunjukkan bahwa hasil post-tes siswa lebih tinggi dari pada pre-tes. Penerapan teori struktural perspektif Gestal tergolong efektif, hal tersebut dapat diketahui dari hasil analisis data bahwa to lebih besar dari tt yaitu 2.40-2.06, dapat di pahami bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diujicobakannya teori struktural perspektif gestalt dalam pengejaran menterjemah Arab-Indo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab-Studi dan Pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 24 Feb 2015 06:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9434

Actions (login required)

View Item View Item