Pengaruh output sertifikasi terhadap kualitas Guru dalam mengajar PAI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ikhlas Tambak Sawah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Emawati, Eva (2011) Pengaruh output sertifikasi terhadap kualitas Guru dalam mengajar PAI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ikhlas Tambak Sawah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Emawati_D31304015.pdf

Download (758kB)

Abstract

Bagaimanapun bagusnya suatu program pengajaran dan pendidikan yang dilaksanakan tanpa disertai dan ditunjang oleh kualitas mengajar guru yang memadai, serta tanpa adanya seorang guru yang profesional, sulit kiranya program tersebut akan terlaksana dan berhasil dengan baik. Sebab tidak semua guru mempunyai kemampuan dan ketrampilan mengajar yang baik dan secara terus menerus dapat melaksanakan tugas profesinya dengan baik pula. Mereka pastinya membutuhkan bantuan dan bimbingan dari sertifikasi terkait di dalam proses belajar mengajar. Hal inilah yang menjadi latar belakang penulis dalam pembuatan judul skripsi di atas. Sertifikasi di sini mengandung arti suatu proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan tertentu, yaitu memiliki kualifikasi akademik kompetensi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yang dibarengi peningkatan kesejahteraan yang layak. Jadi sebaik apapun sistem yang dipakai tanpa ditunjang dengan adanya kualitas mengajar guru yang memadai sulit kiranya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan akan terwujud.
Tujuan pembahasan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan permasalahan yang telah dirumuskan, yaitu bagaimana kualitas guru dalam mengajar PAI di MI Nurul Ikhlas Tambak Sawah Sidoarjo, dan adakah pengaruh output sertifikasi terhadap kualitas guru dalam mengajar PAI di MI Nurul Ikhlas Tambak Sawah Sidoarjo. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview / wawancara dan dokumentasi. Sedangkan menganalisa data yang diperoleh, penulis menggunakan analisis kualitatif deskriptif.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kualitas mengajar guru MI Nurul Ikhlas Tambak Sawah Sidoarjo telah mengalami peningkatan dan kemajuan seiring dengan terlaksananya sertifikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Emawati, EvaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi; Kualitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 08 Jul 2019 08:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9432

Actions (login required)

View Item View Item