Modernisasi pendidikan Islam melalui internalisasi bahasa Inggris pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Al Muslim Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Nur (2011) Modernisasi pendidikan Islam melalui internalisasi bahasa Inggris pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Al Muslim Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Tujuan Pendidikan Islam untuk mewujudkan manusia menjadi khalifah fil-ard haruslah lebih ditekankan pada perwujudan generasi muslim yang mampu menguasai ilmu agama dan ilmu umum tanpa ada dikotomi antar kedua term ilmu tersebut. Kedua, Kurikulum pendidikan Islam harus mampu menyesuaikan zaman dalam hal ini harus terjadi integralisasi ilmu agama dan sains serta teknologi sehingga mampu menghasilkan output (reproduksi) ulama yang menguasai secara teori dan praktik ilmu agama, sains dan teknologi. Ketiga, Lembaga pendidikan Islam sebagai sarana proses mendidik harus berani merekonstruksi kualitas dengan modernisasi sistem dan manajemen menjadi lebih profesional dan dinamis.
Dari uaraian diatas, kiranya perlu dikaji secara komprehensif tentang wujud dari modernisasi pendidikan di lembaga Islam, diantara beberapa pokok yang perlu diperbarui adalah materi pelajaran. Materi pelajaran yang diajarkan sebelum lahirnya ide-ide pembaruan adalah terpusat kepada pelajaran klasik. Setelah zaman pembaruan pendidikan Islam materi pembelajaran itu tidak lagi hanya sekedar pendalaman ilmu-ilmu agama tetapi juga diajarkan ilmu pengetahuan umum.
Fokus penelitian adalah apakah aplikasi dan implementasi modernisasi pendidikan Islam di lembaga pendidikan Islam SD Al-Muslim Waru-Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode desrkriptif kualitatif, dengan penalaran deduktif. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aplikais dan implementasi modernisasi pendidikan Islam di SD Al-Muslim Waru-Sidoarjo yaitu adanya Internalisasi Bahasa Inggris pada Mata Pelajaran PAI yakni dengan cara penyampaian materi dengan menyelipkan kosa kata bahasa inggris ataupun juga internalisasi bahasa inggris dalam buku pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dilakukan dengan harapan agar pendidikan Islam bisa mewujudkan pendidikan yang holistic dan juga lepas dari kesan dikotomi pendidikan. Mengingat bahasa inggris dikenal sebagai pelajaran umum sedangkan pendidikan agama Islam lebih dikenal dengan pelajaran religius dan dipandang sebagai materi lokal yang hanya berorientasi sebagai pegangan hidup untuk bekal kehidupan akhirat dan dipandang kurang memberikan kontribusi dalam masa depan kehidupan duniawi. Hal ini menyebabkan pendidikan Islam dianggap sebelah mata sehingga sasarannya pun kurang begitu mengena.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Modernisasi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 25 Sep 2018 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item