Peran Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya internalisasi nilai-nilai akhlak Islami di SMAN 1 Geger Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Muhamad Ali (2011) Peran Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya internalisasi nilai-nilai akhlak Islami di SMAN 1 Geger Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Ali Rahman_D31207008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para pelajar, kepribadian mereka kacau dan tidak tersentuh oleh nilai-nilai Islam. Yang menjadi permasalahan ini adalah bagaimana peran Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam, bagaimana upaya yang dilakukan, dan bagaimana peran guru bimbingan konseling dan guru pendidikan agama islam dalam upaya internalisasi nilai-nilai akhlak islami. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara kritis tentang peran Guru Bimbingan Konseling dan Guru pendidikan Agama Islam dalam upaya internalisasi nilai-nilai akhlak islami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Geger. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Guru Bimbingan dan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menerapkan pola berpikir induktif. Analisis ini lebih merupakan pembentukan abstraksi berdasarkan bagian-bagian yang telah dikumpulkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1. Peran guru bimbingan dan konseling di SMAN 1 Geger adalah sebagai pendidik, pengajar dan membantu siswa dalam memecahkan suatu masalah di lingkungan sekolah dalam mencapai peningkatan proses belajar mengajar. Sedangkan guru pendidikan agama islam adalah adalah sebagai pengajar, pembimbing, penasehat serta sebagai suritauladan bagi siswa-siswinya. 2. Upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai akhlak islami yaitu dengan pembinaan ibadah yang merupakan wujud pembekalan spiritual siswa dengan kegiatannya adalah melakukan sholat berjamaah, melakukan sholat sunnah (sholat dhuha, sholat rowatib. Penanaman nilai akidah yang dilakukan dengan kegaiatan membaca Asmaul husna, membaca Al-quran. Penanaman nilai akhlak yaitu dengan memberikan wejangan-wejangan atau ceramah setiap sehabis sholat jum’at serta memberikan keteladan atau contoh yang baik terhadap para siswa-siswi dari para gurunya. 3. Peran guru bimbingan konseling dan guru pendidikan agama Islam dalam upaya internalisasi nilai-nilai akhlak islami di SMAN 1 Geger dilaksanakan melalui berbagai usaha. Hal ini dilakukan dengan melakukan kerjasama dalam mengupayakan internalisasi nilai akhlak islami. Seperti halnya dengan mengadakan ESQ yang dilakukan sebagai bentuk dari pelaksanaan internalisasi nilai akhlak islami. Selain itu juga dilakukan berbagai kegiatan keagamaan yang sifatnya mendukung upaya internalisasi nilai akhlak islami

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Muhamad AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Perilaku
Uncontrolled Keywords: Guru BK dan PAI; Akhlak Islami
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 30 Apr 2019 04:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9416

Actions (login required)

View Item View Item