Pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al Qura'an siswa Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tiyono, Eko Agus (2011) Pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al Qura'an siswa Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustakawan.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Al-Qura'an adalah kitab Allah Azza wa Jalla yang diturunkan kepada Nabi terkhir, Muhammadd SAW. Mengingat sangat pentingnya Al-Qura'an sebagai pedoman umat Islam yang berisi petunjuk dan tuntunan komprehensif guna mengatur kehidupan di dunia dan akhirat, maka pendidikan Al-Qura'an khususnya bagi kalangan anak-anak sangatlah signifikan untuk menamkan pengetahuan-pengetahuan yang berbasis agama secara efektif dan dinamis. Hal ini tentu memerlukan suatu sistem pengajaran Al-Qura'an yang secara menejemen mampu memberi jaminan bahwa setiap siswa yang lulus dari sekolah mereka dipastikan bisa membaca Al-Qura'an dengan taritl. Metode Ummi adalah sistem yang terdiri dari 3 komponen sistem: buku praktis metode Ummi, manajemen mutu metode Ummi dan guru bersertifikat metode Ummi. Ketiganya harus digunakan secara simultan jika ingin mendapatkan hasil yang optimal dari metode ini. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode Ummi di Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo?, 2) Bagaimana kemampuan membaca al-Qura'an siswa Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo?, dan 3) Adakah pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qura'an siswa Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo? Dalam menjawab permasalah tersebut, peneliti menganalisis dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis tersebut data penelitian yang dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan metode ummi terhadap kemampuan membaca al-Qura'an Siswa Sekolah Menenah Pertama Ulul Albab adalah baik, 2) Kemampuan membaca Al-Qura'an Siswa Sekolah Menenah Pertama Ulul Albab Sidoarjo adalah tergolong cukup baik, 3) Ada pengaruh antara penerapan metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qura'an Siswa Sekolah Menenah Pertama Ulul Albab Sidoarjo adalah sedang atau cukup baik. Berdasarkan analisis, didapatkan hasil 0, 623. Pada (N) 31 kemudian dicocokkan dengan taraf signifikansi 5% didapatkan angka 0,355 dan taraf signifikansi 1% didapatkan angka 0,456. Hal ini menjadi sandaran kesimpulan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang di ajukan dimuka diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ummi berpengaruh terhadap kemampuan membaca al-Qura'an siswa Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tiyono, Eko Agus--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode; metode Ummi; kemampuan membaca Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 25 Mar 2019 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9411

Actions (login required)

View Item View Item