Efektivitas Quantum Writing sebagai metode untuk meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Indah (2011) Efektivitas Quantum Writing sebagai metode untuk meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Mufidah_D01304207.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlalu banyaknya sistem pembelajaran Akidah Akhlak yang diterapkan di sekolah menengah masih bersifat verbalistik dan mengunggulkan hafalan siswa, sehingga prestasi belajar siswa cenderung standar dan hanya pada ranah kognitif saja. Salah satu alternatif yang ditempuh untuk meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa adalah dengan metode Quantum Writing.
Metode Quantum Writing adalah salah satu metode pembelajaran yang bertujuan mengoptimalkan prestasi belajar siswa. Dalam pembelajaran ini guru mempersiapkan dengan sangat baik yakni membuat sepenggal kisah yang berhubungan dengan materi sifat-sifat rasul sebelum mengajarkan kepada siswa, kemudian siswa yang melanjutkan kisah tersebut sesuai dengan ide, pikiran pendapat, imajinasi, pengalaman dan pengetahuan siswa dalam mengamalkan sifat-sifat rasul sehari-hari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimana penerapan metode Quantum Writing pada pembelajaran Akidah Akhlak. 2) bagaimana prestasi belajar siswa SMP Unggulan Amanatul Ummah.3) Sejauhmana efektivitas Quantum Writing sebagai metode untuk meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII Di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya.
Adapun sampel penelitian ini terdapat kelas eksperimen : VIII C dan kelas kontrol : VIII B.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah True Experimental Design. Sedangkan design yang digunakan adalah pre-test dan post-test group design. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan uji t. Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Writing selama 2 kali pertemuan dengan nilai rata-rata 3,55 yang berarti sangat baik. Hasil analisis aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran Quantum Writing tergolong aktif dengan skor 20 (skor ideal 21). Hasil analisis prestasi belajar siswa adalah baik dengan prosentase 86 %. Sedangkan berdasarkan analisis uji t diperoleh t0 tt , 3,89 2,00 / 2,65 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti metode Quantum Writing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Quantum Writing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 02 May 2019 05:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9408

Actions (login required)

View Item View Item