Konsep Pluralisme Abdurrahman Wahid dalam prespektif pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adhimah, Tuhfatul (2011) Konsep Pluralisme Abdurrahman Wahid dalam prespektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang Konsep Pluralisme Abdurrahman Wachid (Dalam Perspektif Pendidikan Islam), dengan dua rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana konsep pluralisme menurut Abdurrahman Wahid? 2. Bagaiamana prespektif pendidikan Islam terhadap konsep pluralisme Abdurrahman Wahid?
Berdasarkan hasil dari penyajian data dan analisis data, diperoleh bahwa konsep pluralisme Abdurrahman Wahid sejalan dengan Pendidikan Islam khususnya pada tujuan Pendidikan Islamnya. Konsep pluralisme Abdurrahman Wahid dalam kaca mata pendidikan Islam adalah dua hal yang saling melengkapi. Terbukti dalam konsep pluralisme Abdurrahman Wahid terdapat ajaran tentang hubungan antar muslim dengan Allah (hablum minallah) sebagai Tuhan Sang Pencipta, dengan sesama manusia (hablum minan nas), dan kepada lingkungan di sekitarnya (hablum minal alam). Serta menjunjung tinggi nilai etika dan moralitas yang pada akhirnya memunculkan suatu budaya Indonesia yang islamis, tidak Arabisasi. Sedangkan Demokrasi yang dibawa gus dur juga menekankan pada terciptanya keharmonisan bermasyarakat dengan saling menghargai pendapat orang lain, memunculkan rasa empati dan simpati serta solidaritas baik antar sesama muslim ataupun dengan non-muslim, sehingga pada saatnya nanti akan tercipta suatu kultur demokratis dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat. Secara garis besar ajaran dalam pendidikan Islam terdapat unsur yang sama dengan konsep pluralisme Abdurrahman Wahid. Jadi, dengan adanya konsep pluralisme ini maka kita bisa menerapkannya, untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang menjadikan anak didik menjadi manusia sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adhimah, Tuhfatul--UNSPECIFIED
Subjects: Dualisme dan Pluralisme
Uncontrolled Keywords: Pluralisme; Abdurrahman Wahid; Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 24 Sep 2018 09:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9401

Actions (login required)

View Item View Item