Pengaruh strategi pembelajaran Practice-Rehearsal Pair terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMPN 3 Tempeh Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, M. Khoirul (2011) Pengaruh strategi pembelajaran Practice-Rehearsal Pair terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMPN 3 Tempeh Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Khoirul Umam_D01205214.pdf

Download (902kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang pengaruh strategi pembelajaran Practice-rehearsal Pair terhadap aktivitas belajar pendidikan agama islam kepada siswa di SMPN 3 Tempeh di kota Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang meliputi bagaimana strategi practice-rehearsal pair Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 3 Tempeh, kemudian bagaimana aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Tempeh, dan adakah pengaruh dari strategi tersebut terhadap aktivitas belajar siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yakni metode yang menggunakan rumus-rumus statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Karena penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh antara strategi pembelajaran terhadap aktivitas belajar, maka sesuai dengan rumus statistik menggunakan rumus product moment. Adapun teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, kepustakaan, wawancara, dokumentasi, observasi dan metode angket dengan sampel yang melibatkan 63 responden. Dari hasil penyebaran angket, dapat diketahui mengenai penerapan strategi Practice-rehearsal Pair adalah cukup baik, di mana jumlah prosentase mencapai 62,539%. Sedangkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa mencapai 59,838 yang berarti cukup baik. Dari sini, bisa diketahui pengaruh strategi Practice-rehearsal Pair terhadap aktivitas belajar siswa dengan menggunakan rumus product moment di mana hasil korelasi koefisiennya berjumlah 0,994. Sehingga, apabila hasil koefisien korelasi tersebut disesuaikan dengan tabel interpretasi maka hasilnya terletak pada 0,90 – 1,00 yang berarti sangat kuat. Dengan demikian, kesimpulannya adalah adanya pengaruh strategi pembelajaran practice-rehearsal pair terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMPN 3 Tempeh Lumajang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, M. KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Practice-Rehearsal Pair
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 15 May 2019 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9377

Actions (login required)

View Item View Item