Pengembangan Media Game untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada pokok bahasan Mata Uang bagi siswa Tunagrahita Kelas VII Semester II SMPLB C siswa Budhi Surabaya Tahun Pelajaran 2010/2011

Fadilah, Aini (2011) Pengembangan Media Game untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada pokok bahasan Mata Uang bagi siswa Tunagrahita Kelas VII Semester II SMPLB C siswa Budhi Surabaya Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media game ini diharapkan dapat menarik minat belajar siswa, sehingga siswa dengan mudah memahami materi yang diajarkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada media game materi yang dibahas adalah tingkat SMPLB C kelas VII. Dari deskripsi di atas, maka tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil validitas, keperaktisan, keefektifan pengembanga media pada pokok bahasan mata uang.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D (four D Models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di SMPLB C Siswa Budhi Surabaya pada tanggal 13-17 juni 2011. Media game ini diujicobakan kepada 3 siswa SLB C Siswa Budhi Surabaya kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi media game, lembar kerja siswa, tes 1 sebelum pembelajaran menggunakan media game, dan tes 2 setelah siswa menggunakan media game. Berdasarkan hasil validasi media game oleh para ahli, dapat dikatakan bahwa media game yang dikembangkan termasuk dalam katagori valid, dengan nilai 3,36. Berdasarkan hasil validasi secara umum media game dan hasil ujicoba terbatas (data hasil lembar kerja siswa), maka media game yang dikembangkan dapat dikatakan praktis. Hasil validasi secara umum media game, 3 validator menyatakan media game dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sedangkan berdasarkan hasil lembar kerja siswa, ketiga siswa dapat menjawab benar dengan persentase lebih dari 75%. Dari hasil tes belajar siswa diperoleh bahwa 3 siswa (100%) telah mencapai ketuntasan belajar, yaitu siswa memperoleh skor 65. Respon siswa terhadap media game, menunjukkan respon yang sangat positif, denga rata-rata persentase 93,75%. Sehingga dari hasil skor dan respon siswa, media game yang dikembangkan dapat dikatankan efektif. Dengan demikian, media game yang dikembangkan dapat dikatakan baik, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Arrifadah, Yuni
Uncontrolled Keywords: Media Game; hasil belajar; mata uang
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 23 Jul 2018 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item