Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran Matematika dengan memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa di MTs Tribakti Kunjang Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslukha, Maslukha (2011) Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran Matematika dengan memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa di MTs Tribakti Kunjang Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
DaftarIsi.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan jenjang pendidikan harus mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian harus mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan kemampuan berpikir (domain kognitif), keterampilan (domain psikomotor), dan sikap (domain afektif). Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengembangkan suatu perangkat evaluasi dengan memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dinama perangkat yang dikembangkan adalah kisi-kisi, lembar soal, kunci jawaban dan pedoman penskoran dengan subyek penelitian adalah perangkat evaluasi pada penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes yang terdiri dari tes tertulis dan tes perbuatan. Tes tertulis digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan siswa pada aspek kognitif sedangkan tes perbuatan digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan siswa pada aspek psikomotor. Metode observasi digunakan untuk mendukung pengukuran kemampuan siswa pada aspek afektif dan psikomotor. Sedangkan metode validasi oleh validator yang berkompeten digunakan untuk memperoleh data penilaian kevalidan secara teoritik dan kepraktisan perangkat yang dikembangkan. Proses pengembangan perangkat evaluasi pada penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1) Menetapkan tujuan tes; 2) Menetapkan kompetensi; 3) Menentapkan ruang lingkup materi dan perilaku yang diteskan; 4) Menetapkan penyebaran butir soal berdasarkan kompetensi, materi, dan bentuk penilaiannya; 5) Menyusun kisi-kisi; 6) Menyusun instrumen; 7) Memvalidasi instrumen atau menelaah secara kualitatif; 8) Merakit instrumen menjadi perangkat evaluasi; 9) Uji-coba instrumen; 10) Uji validitas dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien validitas dengan menggunakan formula produck moment diperoleh dari 10 item soal uraian 3 item dintaranya telah dinyatakan valid yaitu nomor 1, 4, dan 5. Sedangkan tujuh aspek yang diukur pada penilaian afektif 1 aspek yaitu aspek nomor 4 yang dinyatakan valid. Dari lima aspek yang diukur pada penilaian psikomotor ada tiga aspek yaitu aspek nomor 1, 3, dan 5 yang dinyatakan valid. Hasil perhitungan estimasi reliabilitas perangkat melalui pendekatan konsistensi internal dengan menggunakan teknik formula Alfa Cronbach, angka koefisien reliabilitas yang diperoleh untuk penilaian kognitif 0,6. Koefisien reliabilitas penilaian psikomotor 0,875. Dan koefisien reliabilitas penilaian afektif -0, 875. Berdasarkan penilaian dari validator, perangkat evaluasi yang dikembangkan mendapat rata-rata penilaian B. Hal ini berarti perangkat evaluasi yang dikembangkan berada dalam kategori praktis dan dapat digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslukha, Maslukha--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; kognitif; afektif; psikomotor
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 11 Jul 2018 05:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item