Pengembangan media Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan gaya belajar siswa pada materi Volume Kubus dan Balok

Nisa', Khoirotun (2011) Pengembangan media Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan gaya belajar siswa pada materi Volume Kubus dan Balok. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Usaha dalam peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan perbaikan kualitas komponen sistem pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi komponen sistem pembelajaran adalah guru, siswa, sarana dan media, serta lingkungan. Guru perlu merencanakan dengan sungguh-sungguh metode dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam menyusun perencanaan tersebut guru harus memperhatikan faktor siswa yang memiliki keberagaman gaya belajar. Gaya belajar tersebut adalah visual (belajar dengan cara melihat objek yang dipelajari), auditori (belajar dengan mendengarkan, diskusi), kinestetik (belajar dengan melakukan percobaan, atau kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik). Dengan mengetahui gaya belajar siswa maka guru bisa menentukan metode dan media yang tepat untuk kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana yang dikembangkan adalah media Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan gaya belajar siswa, dengan subjek penelitian adalah siswa SDN1 Bendotretek, Prambon, Sidoarjo kelas V-B semester satu. Sedangkan objek penelitian ini adalah LKS berdasarkan gaya belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi oleh validator yang berkompeten untuk memperoleh data penilaian kevalidan dan kepraktisan media, metode angket digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa dan respon siswa setelah belajar dengan menggunakan LKS yang dikembangkan. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil ketuntasan belajar siswa dan penilaian tugas siswa dalam LKS. Metode observasi
digunakan untuk mengetahui kinerja siswa berdasarkan langkah-langkah yang terdapat dalam LKS. Setelah dilakukan analisis data penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: LKS yang dikembangkan berdasarkan gaya belajar siswa pada materi kubus dan balok memenuhi kriteria valid, dengan rata-rata penilaian validator adalah 3,9 dan termasuk dalam kategori valid. LKS berdasarkan gaya belajar memenuhi krteria praktis dengan penilaian validator yang menyatakan bahwa LKS berdasarkan gaya belajar siswa dapat digunakan dengan sedikit revisi, kinerja siswa berdasarkan langkah-langkah yang terdapat dalam LKS selama pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat berhasil, hasil tugas siswa yang terdapat dalam LKS mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase rata-rata sebesar 95,8%. Hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran yang menggunakan LKS berdasarkan gaya belajar mencapai ketuntasan klasikal secara individu dengan persentase rata-rata sebesar 79,17%. Hasil respon siswa menunjukkan respn positif dengan persentase rata-rata total respon positif sebesar 95,17%. Dari hasil di atas maka media pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan gaya belajar siswa merupakan media yang baik karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk memfasilitasi keberagaman gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sadieda, Lisanul Uswah
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Siswa; Media Pembelajaran; Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 09 Apr 2018 08:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9326

Actions (login required)

View Item View Item