PENGARUH KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS DAN UNSUR-UNSUR BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PANJANG DIAGONAL RUANG PADA SISWA KELAS VIII MTsN TULUNG MADIUN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wan Laba, Wan Laba (2011) PENGARUH KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS DAN UNSUR-UNSUR BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PANJANG DIAGONAL RUANG PADA SISWA KELAS VIII MTsN TULUNG MADIUN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab6.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menghitung panjang diagonal ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulung Madiun. Secara teoritik diketahui bahwa
kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang akan berpengaruh terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang. Jika siswa mampu menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang, siswa akan lebih mudah dalam menghitung panjang diagonal ruang. Sebaliknya, jika siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang, siswa akan merasa
sulit menghitung panjang diagonal ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur
bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulung Madiun.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitan ini dilakukan di kelas VIII
B MTsN Tulung Madiun. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling.
Variabel penelitian terdiri atas kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan kemampuan menyelesaikan soal unsur-unsur bangun ruang sebagai variabel bebas serta
kemampuan menghitung panjang diagonal ruang sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh antara kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang diterangkan oleh koefisien determinasi 0,1024 sebesar 10,24% dengan persamaan regresinya 39,98 0,46. Sedangkan pengaruh antara kemampuan menyelesaikan soal unsur-unsur bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang diterangkan oleh koefisien determinasi 0,1681 sebesar 16,81% dengan persamaan regresinya 49,10 0,36.
Selanjutnya pengaruh antara kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsurunsur bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang diterangkan
oleh koefisien determinasi 0,13 0,60 0,37.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wan Laba, Wan LabaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Kemampuan Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras, Kemampuan Menyelesaikan Soal Unsur-unsur Bangun Ruang dan Kemampuan Menghitung Panjang Diagonal Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 10 Apr 2015 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item