Perkembangan Sekolah Damrongsat Wittaya School dan pengaruhnya terhadap masyarakat muslim Ban Khae Chana Songkhla Thailand Tahun 1998-2015

Salamah, Arida Nailatus (2016) Perkembangan Sekolah Damrongsat Wittaya School dan pengaruhnya terhadap masyarakat muslim Ban Khae Chana Songkhla Thailand Tahun 1998-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perkembangan Sekolah Damrongsat Wittaya School dan Pengaruhnya terhadap Masyarakat Muslim Ban Khae Chana Songkhla Thailand tahun 1998-2015”. Permasalahan yang dibahas yaitu: 1) Bagaimana latar belakang berdirinya Sekolah Damrongsat Wittaya School? 2) Bagaimana perkembangan Sekolah Damrongsat Wittaya School di Ban Khae Chana Songkhla Thailand 1998-2015? 3) Bagaimana pengaruh Sekolah Damrongsat Wittaya School terhadap masyarakat muslim Ban Khae Chana Songkhla Thailand? Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologis dimana pendekatan historis bertujuan untuk menampilkan kronologi sejarah secara runtun.Sedangkan pendekatan sosiologis bertujuan untuk mengungkap kondisi dan respon masyarakat terhadap pendirian Sekolah Damrongsat Wittaya School.Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan data yang diperoleh berupa hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Arnold Joseph Toynbee yaitu Challenge and Response. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: 1) Latar Belakang berdirinya Sekolah Damrongsat Wittaya School dimulai dengan adanya pembelajaran Islam yang berpusat di Masjid dan Madrasah yang kemudian dilarang oleh Pemerintah Thailand. Kebijakan pemerintah yang mengubah madrasah menjadi sekolah swasta menjadi kontroversi di kalangan cendekiawan muslim. Sehingga muncullah beberapa sekolah Islam atas respon dari kebijakan pemerintah Thailand. 2) Perkembangan Sekolah Damrongsat Wittaya School dimulai dengan bertambahnya jumlah siswa dari 23 siswa menjadi 325 siswa dan tenaga pengajar yang saat ini mencapai 47 orang dari yang awalnya hanya 2 orang. Selanjutnya perkembangan dalam bidang infrastuktural yang dimulai dari renovasi Mushalla, pembangunan gedung sekolah dan pondok yang dibantu oleh sebagian masyarakat Muslim Ban Khae. 3) Pengaruh Sekolah terhadap masyarakat Muslim Ban Khae bisa dilihat dalam beberapa bidang yaitu Sosial keagamaan, pendidikan dan ekonomi. Dari pengaruh tersebut, tentunya memberi pelajaran dan manfaat besar bagi masyarakat Muslim Ban Khae yang notabene nya awam dalam pemahaman agama Islam.

Email: sheilazulaicha12@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, Achmad
Uncontrolled Keywords: Sekolah Damrongsat Wittaya School; masyarakat muslim; Ban Khae Chana Songkhla Thailand
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Salamah Arida Nailatus
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:46
Last Modified: 18 Mar 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9321

Actions (login required)

View Item View Item