Efektivitas metode Multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Huruf Arab pada anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 4 Surabaya

Rohmiyati, Ana (2011) Efektivitas metode Multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Huruf Arab pada anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Rohmiyati_B07207042.pdf

Download (930kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca dan menulis huruf arab pada anak sekilah dasar di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, melalui metode multisensory. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I SD Muhammadiyah 4 Surabaya, yang berjumlah 10 siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimental dan jenis desain penelitiannya adalah one group pretest posttest desaign. Instrument pengumpulan data melalui tes, observasi, check list dan dokumentasi sehingga hasil data dianalisis dengan mengunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon signed rank test).
Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata sebelum lebih kecil dari nilai rata-rata sesudah diberikan metode multisensory, dimana untuk membaca adalah 3,5 7,2 sedangkan untuk rata-rata menulis adalah 4,5 11, menyatakan adanya perubahan yang signifikan pada kemampuan membaca dan menulis huruf arab pada sekolah dasar. Berdasarkan pada kolom Asymp Sig (2 tailed) sebesar 0,002 atau signifikansi 0,05 (0,002 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan membaca dan menulis huruf arab antara sebelum dan sesudah menggunakan metode multisensory pada anak sekolah dasar di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode multisensory dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf arab pada anak sekolah dasar di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, terbukti siswa lebih bersemangat dalam belajar, tidak merasa bosan, dan juga dapat membantu aspek kognitifnya, sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam membaca dan menulis huruf arab.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhid, Abdul
Uncontrolled Keywords: Metode Multisensory; Kemampuan Membaca; Menulis Huruf Arab
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2011
Last Modified: 12 Mar 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item