Efektivitas media instruksional edukatif dalam bentuk Flash Card terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa di RA Darun Najah Klopospuluh Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nilasari, Inayatul Cahyani (2011) Efektivitas media instruksional edukatif dalam bentuk Flash Card terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa di RA Darun Najah Klopospuluh Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatul Cahyani Nilasari_B07207040.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media instruksional edukatif dalam bentuk flash card terhadap peningkatan kemampuan membaca di RA. Darun Najah Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo. Subyek penelitian sebanyak 30 siswa yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 14 siswa dan kelompok kontrol 16 siswa. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, jenis desain eksperimen kuasi (quasi experiment) serta menggunakan pendekatan Non–Randomized Posttest Only Control Group Design.Instrumen pengumpul data melalui observasi dan lembar penilaian. Hasil data di analisis dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) pada program SPSS 11.5 for windows.
Berdasarkan hasil analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wicoxon Signed Rank Test) diperoleh Z hitung sebesar = -.514, berarti Z hitung lebih kecil dari pada Z tabel (-.514 1.96), maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menggunakan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono-Sidoarjo. Hal ini dimungkinkan karena faktor emosional anak, kurangnya treatment dan warna pada flash card atau disajikan dengan warna yang monoton sehingga kurang menarik bagi anak.Bagi peneliti selanjutnya menyarankan dalam pemberian treatment ditingkatkan dan diusahakan flash card disajikan dengan berbagai warnai dan dengan memastikan setiap karakteristik treatment terpenuhi dan kontrol yang lebih ketat serta penulis menyarankan untuk mempelajari kembali kajian-kajian atau teori-teori tentang kemampauan membaca anak pada usia dini

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nilasari, Inayatul CahyaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Uncontrolled Keywords: Metode Flash Card; Kemampuan Membaca
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2011
Last Modified: 08 Apr 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9285

Actions (login required)

View Item View Item