PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE DRILL KELAS VB SD RADEN FATAH, KENDUNG, BENOWO, SURABAYA

Sari, Anita (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE DRILL KELAS VB SD RADEN FATAH, KENDUNG, BENOWO, SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Drill Kelas VB SD Raden Fatah, Kendung, Benowo, Surabaya. Penelitian ini penulis lakukan mengingat kemampuan menghafal surat-surat pendek kelas VB SD Raden Fatah sangat rendah atau kurang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dalam meningkatkan hafalan surat-surat pendek dan untuk mengetahui hasil dari hafalan surat-surat pendek dan hasil belajar melalui metode drill kelas VB SD Raden Fatah, Kendung, Benowo, Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan tindakan berupa pelaksanaan metode drill atau latihan siap, yang merupakan suatu inovasi pembelajaran yang akan diterapkan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan bentuk kolaborasi. Seorang guru menjadi pihak kolaborator yang melaksanakan pembelajaran yang dirancang oleh peneliti untuk dilaksanakan di kelas dan peneliti sebagai observator dan penanggung jawab penuh penelitian tindakan kelas ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa adanya peningkatan terhadap hasil hafalan (10 ayat hingga 19 ayat) dan belajar siswa (32,26 % hingga 90,32 %) dari siklus I hingga siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Badaruddin
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Quran Hadits; Metode Drill
Subjects: Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 10 Apr 2015 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9241

Actions (login required)

View Item View Item