Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Mi Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Rizcha Puji (2011) Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Mi Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizcha Puji Handayani_D06207034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Metode Mind Mapping merupakan salah satu metode yang dapat menjadikan proses pembelajaran IPA menjadi lebih bermakna. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah (1) Apakah penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 di MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. (2) Bagaimanakah tingkat keberhasilan penggunaan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 di MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. Adapun tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah Untuk (1) Mengetahui Penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 di MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. (2) Menjelaskan tingkat keberhasilan penggunaan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 di MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. Pada penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data observasi dan tes sedangkan teknis analisis datanya menggunakan analisis observasi dan analisis tes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa karena siswa mengalami sendiri pembelajaran secara nyata dan ikut secara langsung dalam proses pembelajaran. Tingkat keberhasilan penggunaan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata siswa 73,8 tetapi pada siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 82,71. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 57% pada siklus I menjadi 92,28% pada siklus II. Dari hasil pengamatan pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I prosentase pengamatan pembelajaran yang dilakukan guru mencapai 70% meningkat menjadi 86% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Rizcha PujiUNSPECIFIEDD06207034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNadlir, nadlirUNSPECIFIED196807221996031002
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 20 Aug 2019 04:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9237

Actions (login required)

View Item View Item