Peningkatan prestasi belajar PKN melalui pembelajaran Kooperatif CDP siswa kelas III MI Awaliyah Kedungharjo I Mantingan Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Kunti Zahro (2011) Peningkatan prestasi belajar PKN melalui pembelajaran Kooperatif CDP siswa kelas III MI Awaliyah Kedungharjo I Mantingan Ngawi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kunti Zahro Wahyuni_D06207023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Peningkatan Pretsasi Belajar PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif CDP Siswa Kelas III MI Awaliyah Kedungharjo I Mantingan Ngawi ini dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajarsiswa pada materi bangga berbangsa Indonesia mata pelajaran PKn kelas III MI Awaliyah Kedungharjo I Mantingan Ngawi, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif CDP pada materi bangga berbangsa Indonesia kelas III MI Awaliyah Kedungharjo I Mantingan Ngawi, dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif CDP pada materi bangga berbangsa Indonesia kelas III MI Awaliyah Kedungharjo I Mantingan Ngawi? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan minus persentase clan mean agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktuaI clan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Skor rerata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama, siswa yang biasanya mendapatkan materi dalam bentuk ceramah dan membaca, dibiasakan dengan materi tanya jawab, diskusi, dan prensentasi. Skor rata-rata aktivitas siswa yang belum mencapai KKM dengan pembelajaran kooperatif CDP mengalami penurunan sebelum dilakukan pembelajaran kooperatif CDP, kemudian dilanjutkan dengan siklus pertama sampai siklus kedua. Path pembelajaran sebelumnya atau sebelum dilakukan pembelajaran kooperatif CDP rata-rata skor aktivitas siswa yang belum mencapai KKM sebesar 56,53%, sedangkan pada siklus pertama 48,83% dan siklus kedua sebesar 8,70% mengalami penurunan sebesar 7,70% pada siklus pertama dan 40,13% pada siklus kedua. Skor rata-rata pemahaman siswa pada materi bangga berbangsa Indonesia, sebelum dilakukan pembelajaran kooperatif CDP adalah 68,19, sedangkan pada siklus pertama sebesar 72,22 dan pada siklus kedua pada siklus kedua 80,43, tergolong baik demikian juga tentang penuntasan belajar sebelum dilakukan pembelajaran kooperatif CDP adalah 43,47% kemudian pada siklus pertama 52,17% dan pada siklus kedua menjadi 91,30 %. Berdasarkan temuan basil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa pembelajaran kooperatif CDP dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bangga berbangsa Indonesia mata pelajaran PKn kelas III MI Awaliyah Kedungharjo I Mantingan Ngawi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Kunti ZahroUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif CDP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 29 May 2019 07:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9231

Actions (login required)

View Item View Item