PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LEMBAGA NEGARA TINGKAT PUSAT MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV MIBU DUNGUS SUKODONO SIDOARJO DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD

Fakhrudin, Deni (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LEMBAGA NEGARA TINGKAT PUSAT MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV MIBU DUNGUS SUKODONO SIDOARJO DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana tingkat keberhasilan penerapan Media pembelajaran Flash Card dalam meningkatkan hasil
belajar siswa tentang Lembaga Negara Tingkat Pusat PKn Siswa Kelas IV MIBU Dungus Sidoarjo, bagaimana kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Flash Card dalam
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV yang berjumlah 33 anak, yang terdiri dari 18 perempuan dan 17 laki-laki.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan memadukan pendekatan kualitaif dan kuantitaif. Pendekatan kuantitatif melihat hasil pembelajaran
siswa dan kualitatif pada proses pembelajaranya. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi/ pengamatan dan pemberian test performance siswa dengan bentuk test tulis.
Dari hasil tindakan didapatkan bahwa ketuntasan belajar dari siklus I adalah 75,75%. Fakta ini menunjukkan bahwa dalam siklus I belum dianggap tuntas karena nilai ketuntasan secara umum adalah sebesar 90%. Sedangkan pada siklus II didapatkan hasil sebanyak 93,93 % siswa dapat mencapai ketuntasan belajar.
Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran Flash Card mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan Pemahaman mngenal leembaga negara tingkat pusat siswa kelas III mata pelajaran PKn di MIBU Dungus Sidoarjo. Media Pembelajaran Flash Card mempunyai dampak positif untuk materi yang bersifat pengetahuan dan membutukan kecakapan khusus.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Flash Card; Hasil Belajar; Lembagalembaga Negara Tingkat pusat; PKn
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 25 Feb 2015 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9225

Actions (login required)

View Item View Item