Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Jigsaw mata pelajaran SKI kelas V MI H. Ahmad Ali Kecamatan Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iskandar, Ibnu (2011) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Jigsaw mata pelajaran SKI kelas V MI H. Ahmad Ali Kecamatan Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibnu Iskandar_D06207008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran SKI pada materi Akhir flayat Rasulullah yang dilaksanakan di kelas V MI H. Achmad Ali Surabaya belumlah optimal karena guru selalu menggunakan model pembelajaran yang klasikal yakni model ceramah, karena pada guru sendiri masih bingung untuk menentukan model pembelajaran yang cocok dalam mata pelajaran SKI. Disamping itu siswa juga sulit menerima pelajaran dengan model pembelajaran ceramah, karena siswa lebih cenderung pasif dalam proses belajar mengajar, karena siswa hanya mendengar dan mencatat materi yang diberikan oleh guru, dan tidak jarang pula adanya siswa yang ngantuk ketika proses belajar mengajar berlangsung. Dan semua permasalahan itu menimbullcan rendahnya hasil belajar siswa, karena pemahaman siswa juga lcurang optimal dalam menerima materi dari guru. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan model pembelajaran Jigsaw melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI pada materi Akhir Hayat Rasulullah pada siswa kelas V MI H. Achmad Ali Kecamatan Benowo Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran SKI dengan diterapkannya pembelajaran Model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V MI H. ACHMAD ALI KECAMATAN BENOWO SURABAYA; (2) untuk Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI tentang materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW kelas V MI H. ACHMAD ALI KECAMATAN BENOWO SURABAYA setelah diterapkannya model pembelajaran Jigsaw. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara dislcriptif kualitatif. Dan uraian diatas peneliti menyimpulkkan bahwa melalui pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI H. Achmad Ali Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I rata — rata kelas cukup baik dengan angka 57,86 dan prosentase kelulusannya mencapai 35,74%, besarnya prosentase ini masih belum dikatakan tuntas karena standar ketuntasan seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah mencapai 75%. Pada siklus II nilai rata — rata siswa meningkat menjadi 79,86 atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase ketuntasannya mencapai 92,86% dan angka terse but termasuk kategori tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iskandar, IbnuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 29 May 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9216

Actions (login required)

View Item View Item