Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi Behavior untuk meningkatkan motivasi belajar anak: studi kasus terhadap salah seorang anak binaan Yayasan Ummi Fadhilah Surabaya

Maghfur, Moh. Hamam (2011) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi Behavior untuk meningkatkan motivasi belajar anak: studi kasus terhadap salah seorang anak binaan Yayasan Ummi Fadhilah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah 1. Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan terapi Behavior untuk meningkatkan motivasi belajar anak (studi kasus terhadap salah seorang anak binaan Yayasan Ummi Fadhilah Surabaya)?, 2. Bagaimana hasil Bimbingan dan Konseling Islam dengan terapi Behavior untuk meningkatkan motivasi belajar anak (studi kasus terhadap salah seorang anak binaan Yayasan Ummi Fadhilah Surabaya)? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa kurangnya motivasi belajar anak, data yang digunakan berupa hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa perlunya motivasi anak karena tidak adanya motivasi atau dorongan dari orang tua atupun orang lain kepadanya dan sikap Ibunya yang selalu menjelek-jelekkan klien, dengan kata-kata bodoh, sehingga anak ini mudah bosan dalam belajar maupun mengaji. Dalam penelitian ini, proses konseling yang terjadi menggunakan terapi behavior. Dengan pendekatan ini, diharapkan klien mulai termotivasi agar lebih giat lagi dalam belajar serta menyadarkan orang tuanya bahwa perilaku atau sikapnya yang seperti itu adalah salah, hasil akhir dari proses konseling dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 71 % dengan standart uji 60% sampai 75% (dikategorikan cukup berhasil). Yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari kebiasaan klien yang mulai lebih baik dibandingkan sebelumnya, walaupun tidak semua masalah yang klien hadapi bisa tuntas terselesaikan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Thayib, Thayib
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah - Psikoterapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 09 Oct 2018 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9211

Actions (login required)

View Item View Item