Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo

Ridwan, Muhammad (2011) Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas) maupun industri. Dengan strategi pembelajaran e-learning inilah peneliti mencoba meneliti prestasi belajar siswa di SMK YPM 3 Taman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi mata pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman tahun Pelajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi di SMK YPM 3 Taman sejumlah 194 siswa yang terbagi dalam 4 paralel kelas, sedangkan sampel yang diambil sejumlah 40 siswa yang diambil dari masing-masing paralel kelas. Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi pada mata pelajaran fiqih, penulis telah mengambil data angket serta nilai rapot masing-masing siswa yang kemudian di analisa dengan menggunakan data statistic product moment. Dan dari hasil analisa tersebut didapatkan nilai sebesar 0,71 maka, antara variable x dan y terdapat korelasi yang tinggi maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelaran berbasis e-learning sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMK YPM 3 Taman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Munawir, Munawir
Uncontrolled Keywords: E-learnig; Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2011
Last Modified: 28 May 2018 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9101

Actions (login required)

View Item View Item