Studi komparasi tingkat keberhasilan dalam menghafal al-Qur'an berdasar latar belakang pendidikan yang berbeda di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang

Bachri, Zainudin (2011) Studi komparasi tingkat keberhasilan dalam menghafal al-Qur'an berdasar latar belakang pendidikan yang berbeda di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainuddin Bachri_D31207024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur'an merupakan sebuah kitab yang berisikan segala apa yang ada di dalam dunia ini dan segala apa yang diinginkan oleh para umat manusia khususnya umat Islam. Namun para era sekarang Al-Qur'an hanya dijadikan sebatas penghias rumah semata, membacanya pun enggan sekarang padahal secara harfiah membaca Al-Qur'an merupakan suatu nilai ibadah yang lebih. Remaja sekarang ini lebih getol untuk membaca majalah, novel serta mempelajari lagu-lagu musik dari pada membaca Al-Qur'an dan belajar lagu-lagu Al-Qur'an. Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yaitu 1. Bagaimanakah tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur'an santri yang berlatar belakang pendidikan Agama ? 2. Bagaimanakah tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur'an santri yang berlatar belakang pendidikan Umum ? 3. adakah perbandingan tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur'an antara santri yang berlatar belakang pendidikan Agama dengan santri yang berlatar belakang pendidikan Umum ? Berangkat dari fenomena yang ada peneliti ini peneliti arahkan kepada sasaran tentang keberhasilan dalam menghafal Al-Qur'an berdasar latar belakang pendidikan yang berbeda di pondok pesantren Madrasatul Qur'anTebuireng Jombang yang notabene berkonsentrasi penuh kepada pembelajaran ilmu-ilmu Al-Qur'an sekaligus menghafalkannya. Menghantarkan para santri dalam meraih keberhasilan dalam menghafal Al-Qur'an, Madarasatul Qur'an memeberikan fasilitas penunjang bagi para santri-santri yang menghafalkan Al-Qur'an. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif yang terdiri dari teknik observasi, teknik interview dan teknik dokumentasi Dari penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat komparasi (perbandingan) keberhasilan menghafal Al-Qur'an yang tidak signifikan dan positif antara santri yang berlatar belakang pendidikan Agama dengan santri yang berlatar belakang pendidikan Umum di Madrasatul Qur'an. Hal ini menunjukan bahwa latar belakang pendidikan yang ada tidak bisa dijadikan atau patokan utama dalam keberhasilan yang dicapai oleh para santri dalam menghafal Al-Qur'an, akan tetapi banyak faktor yang juga menentukan dari keberhasilan seseorang dalam menghafalkan Al-Qur'an. Semoga dengan adanya penelitian ini bisa lebih ditingkatkan lagi apa yang telah dicapai oleh para santri dalam hal Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muallifah, Ilun
Uncontrolled Keywords: Hafalan Qur'an; Keberhasilan Belajar
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2011
Last Modified: 29 Apr 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item